Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Hasil Tes Tabrak Toyota "All-New" Fortuner

Kompas.com - 18/02/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Kajang, KompasOtomotif
– New Car Assesment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) mengeluarkan hasil tes All-New Fortuner, dengan perolehan peringkat lima bintang. Meski begitu uji tabrak SUV itu tidak pernah dilakukan langsung, hasil yang diumumkan diambil dari bukti pengetesan saudara satu platform-nya, pikap All-New Hilux.

Fortuner dan Hilux adalah dua model yang dirancang menggunakan platform IMV (International Multi-purpose Vehicle), termasuk Kijang Innova. ASEAN NCAP sudah menguji Hilux pada September 2015 sedangkan Innova pada Januari 2016.

“Untuk Toyota Fortuner, ASEAN NCAP telah menerima bukti teknis dari Toyota bahwa mobil memiliki perlindungan penumpang yang sebanding dengan desain identik dan sistem pengendalian yang sama seperti Hilux,” tulis ASEAN NCAP dalam keterangan resminya, Jumat (12/2/2016).

ASEAN NCAP Hasil tes Toyota All-New Fortuner oleh ASEAN NCAP.

Tidak berbeda seperti Hilux, Fortuner mendapat skor 14,53 untuk Adult Occupant Protection (AOP) yang tergolong penilaian kategori tertinggi, 5 bintang. Namun, skor tersebut hanya berlaku pada tipe yang memiliki Electronic Stability Control (ESC), sesuai syarat AOP 5 bintang. Sementara yang tidak memiliki ESC berarti hanya mencapai 4 bintang.

Hasil yang sama juga diberikan untuk Child Occupant Protection (COP), Fortuner mencapai 71 persen yang masuk kategori 4 bintang persis seperti Hilux.

Skor yang dibeberkan ASEAN NCAP ini berlaku buat Fortuner yang memiliki kelengkapan SBR (seatbelt reminder) dan tiga kantong udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com