Cara Jitu Beli Mobil Bekas Taksi

Kompas.com - 09/12/2015, 10:35 WIB
Berbagai taksi Limo plat hitam yang dimiliki komunitas Vios Limo Owners Community. Febri ArdaniBerbagai taksi Limo plat hitam yang dimiliki komunitas Vios Limo Owners Community.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Harga lebih enteng daripada “mobil murah” dan tambah sedikit modifikasi maka mirip Vios jadi beberapa alasan mengapa mobil bekas (mobkasO taksi Limo "plat hitam" diminati banyak orang. Meski begitu perlu dipahami Limo yang dijual rata-rata berumur lebih dari lima tahun sebab itu sebelum membeli pastikan kondisinya masih bisa ditoleransi.

Biasanya perusahaan taksi menjual limo setelah masa berlaku STNK dan garansi produsen selama lima tahun berakhir. Wajib disadari Limo adalah mobil pekerja keras karena dipakai setiap hari mencari rejeki, jarak pemakaiannya mencapai ratusan ribu kilometer.

Manager Penjualan Blue Bird Pool Ciputat yang saat ini sedang cuci gudang stok Limo menjelang akhir tahun menerangkan, Selasa (8/12/2015), bagian yang perlu dicek sebelum membeli yaitu mesin, kaki-kaki, dan kondisi bodi.

Harga jual standar Limo dipukul rata, Poll Ciputat misalnya, menjual Limo produksi 2009 seharga Rp 70 juta dan produksi 2010 Rp 78 juta. Biasanya, unit yang dijual sudah direkondisi jadi seharusnya Anda memilih kondisi terbaik dengan harga segitu.

Berikut tips membeli mobkas Limo:

1. Lakukan riset pada siang hari.
2. BIla Anda mengunjungi langsung Pool Taksi unit yang tersedia banyak. Sisihkan yang sudah Anda lirik agar semakin mudah memilih.
3. Saat masih kerja ada Limo yang bertugas jadi taksi bandara, hindari unit ini sebab punya km tempuh lebih tinggi dibanding yang lain.
4. Pilih unit yang sudah direkondisi mendekati Vios, dengan tambahan pelapis jok, kaca film, headunit, power window, spion elektrik, cat bodi, dan pelek. Timang banderol yang ditawarkan dibanding harga standar.
5. Test drive wajib dilakukan untuk mengetahui rasa pemakaian sekaligus mendeteksi kondisi aneh termasuk pada kopling, rem, serta operasional mekanis seperti buka-tutup pintu, tombol-tombol, dan gerak roda.
6. Cek bagian mesin, pantau kondisi segala cairan, busi, dan lainnya yang masih visual. Bila perlu bawa montir yang lebih paham.
7. Pembelian mobkas Limo belum tentu dapat garansi, tapi Anda bisa meminta kepada penjual jaminan kondisi dalam jangka waktu tertentu.
8. Sama seperti membeli mobkas lain, siapkan dana lebih untuk perawatan awal dan perbaikan tidak terduga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X