Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Jaring Masukan Soal Vios CNG

Kompas.com - 20/01/2015, 14:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero menggelar sesi test drive mobil berbahan bakar gas alam terkompresi (CNG) pekan lalu, kini Toyota Indonesia mengatakan juga segera melakukan hal serupa buat model prototipe Vios CNG.

Sedan kompak bi-fuel itu dibuat oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Sistem CNG menjadi alternatif sumber bahan bakar, selain tetap bisa menggunakan bensin untuk mesin 1.5L. Yui Hastoro, Direktur Technical TMMIN memaparkan, pengetesan sistem CNG ini untuk menjaring masukan dari target pemakai yakni sebagai taksi.

Sistem CNG dirasa lebih cocok untuk kendaraan komuter, Yui menjelaskan selain taksi bisa juga digunakan pada truk logistik yang sudah memiliki rute pasti. Digambarkan, salah satu negara yang sudah mengaplikasikan banyak sistem CNG untuk kendaraan adalah Thailand.

Perbedaan harga antara mobil umum dengan pengonsumsi CNG di Thailand mencapai Rp 18 juta. Tapi Yui mengatakan dihitung dari selisih harga CNG yang jauh di bawah bensin, dalam 32.000 km atau 1,5 tahun sudah balik modal.

“Sekarang saya sedang siapkan monitoring, kita mau perlihatkan mobil aman seperti apa. Kita coba monitor bagaimana di pasar, mereka ada keluhan apa. Poinnya ‘safety’,” ujar Yui di Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Taksi menjadi sasaran logis pasalnya operator pasti butuh efisiensi operasional. Selain itu Toyota sudah memegang pasar terbesar taksi di Indonesia dengan Limo (Vios Taksi). Pada 2014 Toyota menambah 6.697 unit taksi untuk operator, semuanya diproduksi di dalam negeri oleh TMMIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com