Cara Murah Bikin Mika Lampu Mobil "Kinclong" Lagi

Kompas.com - 10/08/2015, 09:01 WIB
Bersihkan mika lampu dari kusam Stanly/OtomaniaBersihkan mika lampu dari kusam
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Memiliki tampilan mika lampu bersih adalah impian semua pemilik mobil. Selain pencahayaan bisa lebih sempurna, juga membuat kendaraan Anda terlihat lebih terawat, karena tidak kusam.

Sebenarnya, membersihkan rumah lampu bisa dilakukan sendiri ketika hari libur. Tapi, bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang jangan bersedih, karena, bisa dibawa ke tempat yang menerima jasa pembersihan mika lampu mobil.

Toko spesialis variasi lampu dan spion mobil Rizky Motor di Mega Glodok Kemayoran (MGK) lantai lima blok E9 nomor 7, Jakarta Pusat, bisa menjadi referensi bagi Anda. Di sini, hampir semua mika mobil bisa dibersihkan.

“Untuk mobil Jepang kita patok harga Rp 200 sampai Rp 250 ribu. Itu untuk headlamp depan, tapi untuk belakang tergantung tingkatannya, harganya antara Rp 300 sampai Rp 350 ribu,” beber Yudi Taryudi pemilik toko tersebut saat ditemui KompasOtomotif, akhir pekan lalu.

Yudi melanjutkan, mika lampu mobil-mobil Eropa lebih mahal, karena tingkat kesulitannya juga lebih tinggi ketimbang Jepang. Pengerjaannya juga lebih lama, bisa memakan waktu sampai dua hari. Maka dari itu, ia mematok harga mulai Rp 1 jutaan per mika.

“Mobil Jepang dua jam saja sudah selesai, tapi Eropa bisa sampai dua hari. Apalagi seperti Porsche, dulu saya pernah mengerjakan selama satu pekan.

Reparasi spion elektrik

Rizky Motor juga menerima reparasi spion elektrik. Biaya yang dibebankan kepada konsumennya juga beragam. Menurut Yudi, servis spion elektrik untuk mobil Jepang dan Eropa sekitar Rp 300 ribu atau tergantung dari tingkat kerusakannya.

“Biasanya kita servis itu motor elektriknya, ada juga yang rusak dinamo elektrik. Paling mahal mobil Eropa bisa sampai Rp 500 ribuan karena mobil Eropa lebih rumit ketimbang mobil Jepang. Proses pengerjaanya cukup singkat, yakni hanya dua jam saja,” tutup Yudi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X