Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Murah Bikin Mika Lampu Mobil "Kinclong" Lagi

Kompas.com - 10/08/2015, 09:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memiliki tampilan mika lampu bersih adalah impian semua pemilik mobil. Selain pencahayaan bisa lebih sempurna, juga membuat kendaraan Anda terlihat lebih terawat, karena tidak kusam.

Sebenarnya, membersihkan rumah lampu bisa dilakukan sendiri ketika hari libur. Tapi, bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang jangan bersedih, karena, bisa dibawa ke tempat yang menerima jasa pembersihan mika lampu mobil.

Toko spesialis variasi lampu dan spion mobil Rizky Motor di Mega Glodok Kemayoran (MGK) lantai lima blok E9 nomor 7, Jakarta Pusat, bisa menjadi referensi bagi Anda. Di sini, hampir semua mika mobil bisa dibersihkan.

“Untuk mobil Jepang kita patok harga Rp 200 sampai Rp 250 ribu. Itu untuk headlamp depan, tapi untuk belakang tergantung tingkatannya, harganya antara Rp 300 sampai Rp 350 ribu,” beber Yudi Taryudi pemilik toko tersebut saat ditemui KompasOtomotif, akhir pekan lalu.

Yudi melanjutkan, mika lampu mobil-mobil Eropa lebih mahal, karena tingkat kesulitannya juga lebih tinggi ketimbang Jepang. Pengerjaannya juga lebih lama, bisa memakan waktu sampai dua hari. Maka dari itu, ia mematok harga mulai Rp 1 jutaan per mika.

“Mobil Jepang dua jam saja sudah selesai, tapi Eropa bisa sampai dua hari. Apalagi seperti Porsche, dulu saya pernah mengerjakan selama satu pekan.

Reparasi spion elektrik

Rizky Motor juga menerima reparasi spion elektrik. Biaya yang dibebankan kepada konsumennya juga beragam. Menurut Yudi, servis spion elektrik untuk mobil Jepang dan Eropa sekitar Rp 300 ribu atau tergantung dari tingkat kerusakannya.

“Biasanya kita servis itu motor elektriknya, ada juga yang rusak dinamo elektrik. Paling mahal mobil Eropa bisa sampai Rp 500 ribuan karena mobil Eropa lebih rumit ketimbang mobil Jepang. Proses pengerjaanya cukup singkat, yakni hanya dua jam saja,” tutup Yudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com