Kompas.com - 15/07/2015, 08:51 WIB
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Bagi Anda pecinta kendaraan tempur atau beraura militer, mungkin sepeda motor ini bisa menjadi salah satu koleksi. Adaah Ural, merek sepeda motor asal Rusia yang menawarkan desain klasik ala kendaraan Perang Dunia II.

Ural hadir dengan dua model, Gear Up dan Retro dan ternyata sudah mulai menginvasi Indonesia sejak 2012 silam. Sepintas, desain Ural Retro identik dengan motor BMW R27 di era 1960-an, sedangkan untuk Gear Up dirancang khusus seperti motor tempur negeri Beruang Merah.

Tengok saja tampilan lampu utama, perlengkapan perang seperti sekop dan jerigen, serta juga sidecar atau sespan sebagai tempat duduk boncengan sudah teraplikasi. Warna dasar pun menggunakan kelir hijau ala tentara.

Sepeda motor ini terbilang unik dan menyasar pada penggemar hobi dunia mikiter di Indonesia. Jumlahnya yang terbatas dan harga yang lumayan mahal. "Di Indonesia cuma ada dua. Ini asli dari Rusia, harganya Rp 370 juta, off the road," ujar Rizky, wiraniaga Corratec kepada KompasOtomotif, di MGK, akhir Juni lalu.

Stanly/Otomania Ural model Retro
Ural Retro dan Gear Up dibekali mesin dua silinder Boxer berkapasitas 749 cc dengan sistem asupan bahan bakar karburator kembar dari Keihin L 22 AA. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi empat percepatan manual mencapai 40 tk. Uniknya, meski memiliki tampilan klasik, tapi rem cakram sudah menggunakan single disc Brembo.

"Ural versi Indonesia sudah mendapat beberapa modifikasi untuk penyesuaian. Salah satunya perubahan posisi sespan. Aslinya di Rusia sebelah kanan, tapi untuk Indonesia dipindahkan menjadi sebelah kiri," ucap Rizky.

Bagi yang tertarik bisa langsung melihat display unitnya di Corratec (Istana Sepeda) Mal MGK Kemayoran, lantai UG, Jakarta Pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.