Kompas.com - 10/07/2015, 04:11 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Mobil pribadi merupakan salah satu alat transportasi pilihan masyarakat jelang mudik lebaran. Selain tingkat kenyamanan, mobil pribadi juga menjadi solusi jika tidak ingin repot membeli tiket kereta atau pesawat.

Penggunaan moda transportasi ini juga dirasa praktis untuk wisata keluarga di kampung halaman. Berdasarkan catatan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, pengguna mobil pribadi untuk mudik tahun 2014 lalu mencapai 1,59 juta. Angka ini diperkirakan akan naik sebanyak 5,80 persen pada 2015.

Data tersebut menunjukkan betapa semakin ramainya arus mudik dengan mobil pribadi tahun ini. Apabila tidak dipersiapkan dengan matang, bisa jadi malah tidak nyaman selama perjalanan.

Untuk itulah, jika Anda termasuk salah satu pemudik yang menggunakan mobil pribadi, berikut empat trik agar perjalanan Anda nyaman dan aman:

Atur barang pada tempatnya

Para pemudik biasa membawa barang tidak sedikit. Ditambah lagi barang milik keluarga atau oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman. Untuk itulah, demi menghindari mobil penuh dan sesak, Anda harus mengatur barang sesuai kebutuhan.

Letakkan barang yang akan digunakan selama perjalanan di tempat terjangkau dan sisanya di bagasi. Membawa banyak beban pada mobil akan membuat kerja mesin semakin berat dan menguras bahan bakar. Tinggalkan barang yang tidak perlu di rumah untuk mengurangi bobot berlebih dan menyediakan ruang lebih nyaman bagi Anda serta keluarga.

Waspada berkendara

Untuk menempuh perjalanan jauh, Anda harus tahu kapasitas diri ketika berkendara. Jika Anda termasuk orang yang mudah lelah, ada baiknya menyewa sopir atau ajak saudara untuk menyetir bergantian. Lebih baik tidak memaksakan diri jika merasa kurang enak badan atau mengantuk.

Kenali kondisi medan dan biasakan untuk menaati peraturan yang berlaku. Di masa jelang lebaran, jalanan macet itu sudah biasa. Untuk itulah, perhatikan waktu berangkat sehingga Anda tidak perlu salip kanan dan kiri untuk lebih cepat sampai tujuan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.