Ini Calon MPV "Sejuta Umat" China untuk Indonesia - Kompas.com

Ini Calon MPV "Sejuta Umat" China untuk Indonesia

Kompas.com - 14/05/2015, 14:22 WIB
CarnewsChina wuling Hongguang.

Jakarta, KompasOtomotif — Rencana perusahaan gabungan asal China, SAIC-GM-Wuling (SAIC Motor, General Motors, dan Liuzhou Wuling Motors Co Ltd), masuk ke industri otomotif Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata. Kesiapan dana 700 juta dollar AS untuk operasi bisnis menandakan ambisi besar dan kesiapan untuk bersaing dengan merek asal Jepang.

Sumber yang mengetahui rencana ini menyampaikan kepada KompasOtomotif, Rabu (13/5/2015) malam, bahwa aliansi itu bakal memasarkan produk dengan merek Wuling. Indonesia dipilih atas dasar potensi pasar di atas 1 juta unit per tahun. Kini, riset terkait kondisi pasar, pemasaran, dan jaringan purna-jual terus dijajaki sepanjang 2015, demi menentukan strategi bisnis yang pas. Paling cepat tahun depan, model perdana Wuling sudah hadir di Indonesia.

SAIC-GM-Wuling tengah bersiap membangun pabrik di Deltamas, Cikarang, Bekasi. Aliansi ini sempat terendus ingin masuk dalam segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC). Selain itu, perusahaan berusaha menembus segmen paling seksi, low MPV 7-penumpang, yang dihuni Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, dan Spin. Sumber yang sama menjelaskan kalau Wuling bakal mengandalkan model yang sudah dijual di Tiongkok atau China, Hongguang.

sgmw.com.cn Interior Wuling Hongguang.

Low MPV

Hongguang diproduksi sejak 2010. Model ini juga dipasarkan ulang (rebadge) oleh GM di India dengan nama Chevrolet Enjoy mulai 2013. Dimensi Hongguang, panjang 4.305 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.780 mm. Ukuran mobil ini sedikit lebih besar dari model GM yang diproduksi di Indonesia, Chevrolet Spin. Kapasitas Hongguang 5-8 penumpang.

Di China, Hongguang dibekali dua pilihan mesin hasil kerja sama dengan GM, 1.2L bertenaga 82 tk dan torsi 108 Nm serta 1.4L P-TEC DVVT dengan 107 tk dan 146 Nm. Mobil ini menggunakan sistem gerak roda depan, hanya tersedia dengan transmisi manual 5-percepatan, dan masing-masing ditawarkan dalam tiga pilihan varian, Basic, Standard, dan Comfortable.

Sistem pengereman depan sudah menggunakan cakram, sedangkan di belakang memakai tromol. Suspensi depan memakai MacPherson Strut, sementara di belakang punya dua pilihan per daun atau 5-link. Fitur-fitur kelengkapan termasuk anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), kantong udara pengemudi, kunci pengaman pintu untuk anak-anak, electric power assisted steering (EPS), power window, dan single DIN head unit.

Wuling juga meluncurkan Hongguang S sejak 2013. Model ini punya lebih banyak fitur dan aksesori pada eksterior dan interior serta punya pilihan mesin 1.5L menggantikan 1.4L. Hongguang paling murah dijual 44.800 yuan atau sekitar Rp 94,7 juta. Model ini sebenarnya bisa saja masuk LCGC. Sementara itu, untuk bersaing di kelas low MPV, Hongguang sudah pasti kompetitif dalam hal harga.

stravel.in Chevrolet Enjoy.
KompasOtomotif-donny apriliananda Chevrolet Spin Activ bisa menjadi andalan saat keluar dari rutinitas.


EditorAgung Kurniawan

Close Ads X