Kompas.com - 01/04/2015, 17:08 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

San Francisco, KompasOtomotif - Honda resmi meluncurkan pengujian teknologi prototipe otonomos di bekas pangkalan militer Perang Dunia ke-2 di Concord Naval Weapons Station, San Francisco Bay Area, Amerika Serikat, Selasa (31/3/2015). Mobil uji adalah Acura RLX yang sudah dimodifikasi sebagai cikal bakal mobil masa depan otonomos.

Bodi sedan RLX telah dilengkapi berbagai sensor dan kamera, fungsinya mengetahui pengembangan apa saja yang dibutuhkan untuk mobil produksi massal yang bisa bergerak sendiri tanpa bantuan pengemudi.

Pengetesan Honda dilakukan di fasilitas baru seluas lebih dari 2.000 hektar yang disebut GoMomentum Station. Lokasi ini dikatakan terbesar di antara lokasi uji lain, termasuk 32 km jalan raya, berbagai bangunan, dan banyak infrastruktur perkotaan.

“Concord Naval Weapons Station adalah lokasi uji ideal untuk usaha kemajuan penelitian dan pengembangan Honda, sebab lingkungannya terbatas dan dapat dimodifikasi mengikuti berbagai setingan mobil otonomos, terutama saat beroperasi di lingkungan urban,” jelas juru bicara dari Honda Research Institute USA Paul Cummings, seperti diberitakan contracostatimes.com.

Honda kini mengikuti dua merek raksasa Jepang lainnya, Toyota dan Nissan yang sudah menguji teknologi otonomos. Kini tekanan datang untuk kubu Jerman, beberapa merek juga sedang berusaha mengejar tujuan yang sama, yaitu memiliki setingan terbaik untuk mobil produksi otonomos.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.