Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sulit Jadi Pabrikan Otomotif

Kompas.com - 09/02/2015, 14:45 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif - Perusahaan teknologi informasi seperti Google, dianggap sulit menjadi pabrikan otomotif besar di masa depan. Meskipun, kehadiran mobil dari Google punya potensi untuk mengganggu para pelaku industri lain, terutama dalam hal perkembangan piranti lunak dan teknologi otonomos.

Kesimpulan ini disampaikan Chief Executive Officer Daimler Dieter Zetsche dilansir Auto News Europe (6/2/2015). Dalam beberapa tahun, pabrikan otomotif dan perusahaan teknologi di Silicon Valley telah tumbuh bersama, saling bergantung, karena mobil di masa depan membutuhkan piranti lunak terbaik dan sensor. Artinya, memang ada pergeseran pasokan komponen di antara pabrikan otomotif dengan perusahaan pemasok sebelumnya.

Meskipun Google sudah memamerkan mobil otonomos tahun lalu, Zetsche menilai kalau perusahaan AS itu sepertinya hanya ingin menunjukan dan memahami seperti apa mobil itu digunakan. Bukannya, ada keinginan untuk menjadi pabrikan itu sendiri.

"Google akan senang untuk bisa terlibat, saya tidak berfikir kalau tujuan utama mereka adalah membuat kendaraan," beber Zetsche. Ia juga menambahkan kalau Google tengah mempelajari rumah, kantor, dan mobil sebagai tempat di mana orang biasa menghabiskan waktu dalam hidupnya.

"Kita harus mengerti itu, dan kemudian mencari peran kami, ke bagian mana mereka mau masuk, pada bagian mana kami lebih bergantung, untuk memperlebar jarak dengan pesaing," beber Zetsche.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com