Honda Siap Ekspor BeAT dari Karawang ke Filipina

Kompas.com - 11/12/2014, 14:29 WIB
|
EditorDonny Apriliananda

Karawang, KompasOtomotif – Setelah meresmikan pabrik keempat, PT Astra Honda Motor (AHM) berencana menggarap pasar ekspor lebih serius. Mulai 2015, produsen sepeda motor terbesar di Indonesia itu mulai memasarkan skutik terlarisnya, BeAT, ke pasar mancanegara.

Takanobu Ito, CEO Honda Motor Company Limited  mengatakan, pasar sepeda motor di Indonesia merupakan yang terbesar ketiga di dunia bagi Honda dalam hal produksi maupun penjualan.

"Saya senang mengumumkan kalau Honda akan memulai ekspor BeAT baru yang diproduksi di fasilitas ini (pabrik keempat) mulai tahun depan, menyusul kegiatan ekspor mobil yang sudah bergulir sejak 2009," jelas Ito di Karawang, Jawa Barat, Kamis (11/12/2014).

Ito menambahkan, prinsipal punya harapan besar terhadap potensi Indonesia sebagai salah satu rantai pemasok kendaraan global baik untuk sepeda motor maupun mobil. Sesuai prinsip dasar perusahaan adalah memproduksi dengan mendekati pelanggan.

"Sekarang kami mengembangkan strategi menjadi lebih kompetitif sehingga menciptakan jaringan pemasok global, baik untuk kendaraan jadi atau komponen," tukas ito.

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk menjelaskan, berbeda dengan kinerja mobil di Indonesia, ekspor sepeda motor jauh lebih sedikit. Estimasi pasar mobil tahun ini mencapai 1,2 juta unit dan ekspor mencapai 200.000 unit.

"Tahun depan kami mulai ekspor Ke Filipina sekitar 40.000-50.000 unit setahun. Kami harap ke depan kinerja ekspor sepeda motor bisa lebih besar dari mobil," ujar Prijono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.