advertorial

Siapkah Kendaraan Anda Menghadapi Musim Penghujan Kali Ini?

Kompas.com - 08/12/2014, 18:45 WIB
- -
Penulis advertorial
|
Editoradvertorial

Pohon tumbang dan papan reklame roboh menjadi pemandangan biasa saat musim penghujan. Akibatnya, beberapa pohon pun terpaksa ditebang untuk mencegah kecelakaan terjadi kedepannya. Nah, lalu bagaimana dengan kendaraan Anda, sudah siapkah menghadapi musim penghujan kali ini?

Tak perlu khawatir berkendara di musim penghujan. Pasalnya, kendaraan masa kini telah dilengkapi dengan berbagai fitur modern yang canggih, seperti yang terdapat di mobil keluaran Chevrolet misalnya. Merek kendaraan yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan para pengendaranya ini telah dilengkapi dengan fitur wiper control, sistem kontrol traksi, dan lain-lain untuk membantu menghadapi kondisi cuaca di Indonesia. Meski demikian, Anda tetap perlu mengecek dan memastikan agar kendaraan dalam kondisi prima untuk menjaga keselamatan saat berkendara.

Sebagai permulaan, periksa tekanan dan alur ban mobil Anda. Tekanan yang terlalu keras akan mengurangi daya cengkeram terhadap permukaan jalan. Sebaliknya, kurangnya tekanan ban mobil akan menyebabkan mobil lebih mudah selip di jalanan basah.

 

Wiper Control

Lebatnya hujan sering mengurangi jarak pandang pengemudi terutama saat di jalan tol. Manfaatkan fitur wiper control untuk menyesuaikan tingkat kecepatan wiper di kaca depan dan belakang agar Anda mendapatkan pandangan jelas baik depan maupun belakang. Pastikan wiper agar dalam kondisi baik karena wiper yang aus tidak dapat menyapu air secara efisien dan malah semakin mengurangi visibilitas. Fitur ini dapat Anda temui di semua model kendaraan Chevrolet yang memang mengedepankan keamanan dan keselamatan setiap pengendaranya.

 

Sistem Kontrol Traksi

Pada model Chevrolet Captiva AWD misalnya, terdapat teknologi sistem kontrol traksi untuk membantu kendaraan tetap mencengkeram aspal dan mengurangi selip di jalanan licin. Sistem suspensi seperti yang terdapat pada Chevrolet model Aveo dan Spin juga mampu meningkatkan kendali pengendara yang lebih baik di jalanan basah maupun kering. Musim hujan juga identik dengan banjir. Memahami kondisi yang terjadi di kala hujan lebat, Chevrolet memiliki posisi katup pipa udara yang tinggi untuk mencegah air mengalir ke mesin kendaraan. Ini tentu memberikan keuntungan tersendiri saat melintasi jalanan dengan genangan air yang cukup tinggi.

 

Cruise Control

Sistem yang berfungsi untukmempercepat atau memperlambat kendaraan agar tetap dalam kecepatan yang telah ditetapkan ini juga dapat ditemui di mobil Chevrolet. Cruise control sebaiknya tidak difungsikan pada jalanan basah, pasalnya ketika ban kehilangan cengkeraman di jalanan basah, roda secara alami akan mulai melambat dan akan terus melambat sampai perubahannya sesuai dengan kecepatan kendaraan yang sebenarnya saat titik cengkeraman dikembalikan. Jika Cruise Control diaktifkan, sistem akan mendeteksi perlambatan dan akan mencoba untuk mempercepat untuk meningkatkan kecepatan lagi. Hal ini akan menyebabkan satu atau seluruh ban kehilangan cengkeraman sepenuhnya. Keadaan ini dapat menyebabkan pengemudi kehilangan kendali terhadap kendaraan sepenuhnya.

 

Untuk mengetahui fitur lainnya yang menunjang pengalaman mengemudi Anda, klik www.chevrolet.co.id. (adv)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X