Kompas.com - 23/09/2014, 17:00 WIB
Generasi terbaru Sedona atau Carnival sudah menggunakan bahasa desain baru Kia. Kia/NetcarshowGenerasi terbaru Sedona atau Carnival sudah menggunakan bahasa desain baru Kia.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Kia Mobil Indonesia (KMI) masih mencari waktu yang tepat kapan generasi ketiga Sedona atau yang lebih dikenal dengan Carnival meluncur di Tanah Air. Studi masih dilakukan sebab tipe mesin yang paling memungkinan masuk ke Indonesia adalah diesel 2.2L, bukan bensin 3.3L yang dinilai melewati batas tarif baru PPnBM.

Direktur Pemasaran KMI Hartanto Sukmono mengatakan di Indonesia Carens masuk ke segmen MPV mewah 7-penumpang. Posisinya menjadi “kakak” Carens di kelas MPV milik KMI sekaligus sebagai model termewah yang dipasarkan di Indonesia.

Sementara itu, GM Product Development Arifani Perbowo menjelaskan, adaptasi teknologi diesel milik Kia di Indonesia sebenarnya tidak sulit dilakukan. Dicontohkan, mesin diesel 2.2L milik Sorento tetap “sehat” walau rutin menenggak solar bersubsidi.

“Yang perlu diperhatikan bila kita memasukan satu model ke Indonesia butuh investasi tinggi, kita perlu pastikan ketersediaan suku cadang dan seberapa banyak masyarakat bisa menerima, ini yang sedang kita pelajari,” ujar Arifani yang juga mengakui masih mempelajari kelayakan mesin diesel Carens, Selasa (23/9/2014).

Untuk pasar Indonesia, Carnival terbaru bakal bersaing dengan Biante, Serena, Elgrand, Delica. Prediksi rentang harga, Rp 500 – 700 juta. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.