Mudik Pakai "Mobil Murah", Perhatikan Ini!

Kompas.com - 20/07/2014, 10:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin banyaknya populasi mobil murah atau LCGC membuka kemungkinan banyak pemiliknya menggunakan sebagai kendaraan untuk mudik. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai salah satu produsen tak memungkiri hal tersebut. Namun, ada beberapa pesan agar mudik menggunakan ”mobil kecil” tetap aman dan nyaman.

Rudy Ardiman, Head of Corporate Planning Division ADM menegaskan, LCGC sejatinya adalah mobil perkotaan untuk jarak dekat. Meski demikian, pihaknya tak bisa membatasi dan tidak mengeluarkan larangan.

”Yang penting, kami mengingatkan untuk tetap mengemudi dengan aman. Karena sebelumnya banyak mobil-mobil kecil berkapasitas mesin 1.000cc untuk mudik juga tidak masalah,” urai Rudy.

Dirinya lantas memberikan masukan, dirangkum dalam poin-poin berikut ini:
1. Perhatikan kapasitas beban. Perlu diingat, kapasitas ruang mobil kecil termasuk LCGC tak sebesar MPV atau tipe kendaraan lain. Artinya, jangan overload. ”Jangan sampai tidak nyaman karena sempit penuh barang. Ujung-ujungnya faktor keselamatan terganggu,” jelas Rudy.

2. Perhatikan kapasitas penumpang. Lima orang adalah maksimal. Itu pun tidak mungkin, karena biasanya barang bawaan akan banyak, termasuk bekal dan oleh-oleh. Total beban penumpang dan barang harus sesuai dengan ketentuan.

3. Perhatikan cara berkendara. Mobil dengan dimensi kecil memang enak untuk ”selap-selip”. Namun jika penggunanya tak bisa memperkirakan tenaga mobil, titik pengereman, dan perkiraan jarak yang benar, potensi tidak aman semakin besar.

”Cara menyetir di dalam kota dan luar kota jauh berbeda. Apalagi untuk para pemudik yang pertama kali menggunakan mobil. Kami sarankan agar lebih berhati-hati,” ucap Rudy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.