Ini Masalah pada Tangki BBM dan Pelindung Air di Chevrolet Spin

Kompas.com - 15/07/2014, 15:32 WIB
Powertrain Chevrolet Spin. GM ThailandPowertrain Chevrolet Spin.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Ada dua masalah terindikasi yang menimpa puluhan ribu Chevrolet Spin di Indonesia, yakni katup ventilasi tangki bahan bakar dan pelindung air di area mesin. Pengumuman perbaikan massal sudah dilakukan awal Juli 2014 oleh General Motors Indonesia (GM Indonesia). Namun masih banyak yang belum tahu penjelasan detailnya.

Costumer Care Director GM Indonesia Dadan Ramadhani menjawab lebih detail terkait dua masalah tersebut. Untuk saluran "pernapasan" yang terletak di bagian atas tangki bahan bakar, dikatakan sebenarnya tidak ada masalah jika diisi penuh. Namun jika diisi penuh sampai batas (sampai mobil digoyang-goyang), potensi merembes dari saluran pernapasan akan timbul.

”Ada konsumen yang terbiasa mengisi penuh sampai digoyang-goyang. Kemungkinan bahan bakar akan merembes keluar. Karena dikhawatirkan berpotensi mempengaruhi keamanan, arahan dari global akan mengganti tangki bahan bakar secara keseluruhan. Bukan hanya katup ventilasinya,” papar Dadan.

Saluran air
Kemudian, terkait masalah lapisan pelindung saluran air, dijelaskan posisinya ada di bawah bagian depan mobil. Jadi kalau kaca depan terkena hujan, seharusnya air akan turun dan dilarikan ke kiri-kanan.

”Normalnya air harus turun. Cuma kami menemukan lapisan itu kurang rapat dan dikhawatirkan masuk ke area mesin. Gawatnya, air bisa menggangu komponen elektrikal yang ada di aera mesin. Bisa motor starter, relay, fusebox, ECU dan lainnya. Jadi bukan kotak fusebox yang bermasalah, tetapi hanya lapisan pelindung saluran air,” jelas Dadan.

Permasalahan ini terindikasi pada varian Chevrolet Spin bensin maupun diesel, meski mayoritas diderita varian bensin. GM Indonesia melakukan perbaikan secara bertahap, targetnya sampai akhir tahun 2014 ini dengan penggantian komponen secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.