Banting Harga "MPV Sejuta Umat" Jelang Lebaran

Kompas.com - 04/07/2014, 08:20 WIB
Para pemain MPV bawah KompasOtomotifPara pemain MPV bawah
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Memasuki bulan puasa dan jelang Lebaran yang selalu diikuti tradisi mudik diamini banyak pemegang merek sebagai sarana tepat menggairahkan pembelian mobil. Momen senang bersama keluarga, kebutuhan mobil sebagai sarana transportasi, dan tambahan pendapatan adalah beberapa faktor penunjang. Tambah klop, berbagai dealer memberikan potongan harga menggiurkan, khususnya buat segmen terlaris “MPV sejuta umat”.

KompasOtomotif menggali lebih dalam. Menurut penuturan beberapa dealer di wilayah Jakarta dan sekitarnya, model MPV tetap digandrungi. Harga khusus pun berlaku, mulai dari diskon Rp 8,5 juta hingga Rp 24 juta. Ketersediaan unit produksi 2013 sudah mulai surut, tetapi jika masih ada, berlaku diskon yang lebih besar lagi.

Mulai Rp 8,5 juta
Diskon terendah buat Suzuki Ertiga, Rp 8,5 juta untuk varian GA. Informasi ini didapat dari dealer Suzuki di kawasan Jakarta Utara. Disebutkan juga pada tipe GL, calon konsumen digoda potongan harga Rp 15 juta, atau yang ingin tipe GX diganjar Rp 16,5 juta.  

Dari penuturan salah satu dealer Daihatsu di Jakarta Selatan, harga Xenia dipangkas hingga Rp 18 juta buat semua tipe, naik dari bulan lalu Rp 17 juta. Bahkan tidak hanya itu, diskon yang sama juga berlaku buat hatchback Sirion dan crossover Terios. Mampir ke dealer “sebelah”, Toyota, ada korting Rp 17 juta untuk Avanza.

Keputusan General Motors menggelar kampanye recall, terkait perbaikan pada komponen sistem bahan bakar dan pelindung fuse box pada Spin, perlu diacungi jempol. Meski tidak mudah dan butuh banyak biaya, menyadari kesalahan lalu berinisiatif sebelum ada insiden adalah aksi preventif terbaik.

Meski sedang goyah, diskon Spin tetap menggiurkan. Produksi 2013 masih tersisa, khusus tipe LTZ A/T diganjar potongan Rp 15 juta. Produksi 2014 diskonnya hingga Rp 6 juta, berlaku di semua tipe.

Kandidat lain yang sedang naik daun, Mobilio, tetap bertahan tanpa ada iming-iming. Tapi jauh bertolak belakang dengan Nissan Grand Livina. Diskon mantap, Rp 24 juta, rata di semua tipe, kecuali versi Autech yang baru saja meluncur bulan lalu.

Angka-angka ini tidak selalu bisa menjadi patokan, tetapi sangat mungkin buat gambaran. Pasalnya, setiap dealer punya kebijakan masing-masing. Dalam beberapa kasus, unsur kedekatan dengan dealer juga mampu menambah batas potongan harga.

“Perang diskon” antar-merek memang menggiurkan. Perlu diingat untuk tetap waspada, jangan terlalu dalam terima bujuk rayu wiraniaga. Akan lebih pas lagi pilih model sesuai kebutuhan.

Daftar Harga

Suzuki Ertiga
GA – Rp 156, 2 juta
GL M/T – Rp 170,9 juta
GL A/T – Rp 181,8 juta
GX M/T – Rp 183,6 juta
GX A/T – Rp 194,4 juta
GX ELEGANT PLUS M/T – Rp 203,1 juta
GX ELEGANT PLUS A/T – Rp 214,5 juta
GL SPORTY M/T – Rp 182,8 juta
GL SPORTY  A/T – Rp 193,5

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X