Kelahiran Toyota Prius Generasi Baru Tertunda

Kompas.com - 01/07/2014, 20:20 WIB
Prius Plus, generasi terakhir. Toyota/NetcarshowPrius Plus, generasi terakhir.
|
EditorAris F. Harvenda
Los Angeles, KompasOtomotif - Sejumlah spekulan mengatakan, Toyota berencana melepas generasi terbaru Prius mulai tahun depan (2015). Tapi, rencana ini sepertinya akan tertunda karena bergesernya proses produksi dari musim semi tahun depan sampai akhir 2015.

Sumber internal perusahaan dilansir Automotive News Europe (30/6/2014) mengatakan, para insinyur Toyota masih perlu waktu memastikan semua hal berjalan normal, sampai model siap dilepas ke pasar.

Kabarnya, insinyur Toyota masih menyiapkan sistem penggerak hibrida terbarunya bisa lebih efisien, dan bertenaga sesuai platform Toyota Global Architecture. Sumber internal memastikan kalau prototipe generasi baru Prius masih dalam pengembangan dan baru November bisa difinalisasi.

Setelah finalisasi, biasanya butuh waktu sekitar 12 bulan untuk persiapan sampai akhirnya produksi massal bisa dilakukan. Selain itu, masih ada tambahan setahun lagi baru varian hibrida plug in mulai menyusul dirakit massal. Michael Kroll, Manajer Nasional Produk Komunikasi Toyota kepada AutoblogGreen mengatakan, "Seperti yang Anda tahu, kami tidak bisa berkomentar soal rencana produk di masa depan."

Meski ada berita penundaan peluncuran, tapi beberapa berita potensial juga mengikuti kehadiran generasi baru Prius. Sumber internal Toyota kepada Autoblog mengatakan, dimensi Prius baru akan lebih kompak, dibekali motor listrik lebih bertenaga, dan punya efisiensi lebih baik.

Platform baru yang tengah dikembangkan Toyota, punya kelebihan bobot lebih ringan dan ditargetkan bisa setidaknya lebih hemat BBM hingga 10 persen dari model sebelumnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X