Suzuki Gixxer Diperkenalkan Bulan Depan

Kompas.com - 23/05/2014, 20:02 WIB
Banyak menyita perhatian pengunjung pameran. Agung KurniawanBanyak menyita perhatian pengunjung pameran.
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Pelan tapi pasti, Suzuki Indonesia mulai membenahi bisnis sepeda motornya. Kini, untuk mencoba ikut menikmati membesarnya penjualan sepeda motor segmen sport 150cc, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah menyiapkan model baru, Gixxer.

Sumber internal SIS mengatakan, kalau saat ini perusahaan masih belum menentukan apakah produk ini akan diimpor utuh (CBU) dari India, atau dirakit lokal (CKD) di Indonesia. Tapi, indikasi terbesar Gixxer akan diperkenalkan mulai bulan depan.

"Kemungkinan PRJ (Pekan Raya Jakarta) akan dipamerkan. Sudah siap, tinggal tunggu sebentar lagi," ujar sumber itu kepada KompasOtomotif, Kamis (22/5/2014) malam.

Sport 150cc bergaya "streetbike" ini pertama kali dipamerkan di Delhi Auto Show, Januari 2014 lalu. Gixxer menawarkan desain modern, agresif, terlihat dari banyak sudut tajam di bodinya. Rangkanya masih traills, ditutup dengan bodi bergaya delta box.

Karburator
Di India, dibekali mesin baru, 150 cc, silinder tunggal, SOHC, berpendingin udara. Asupan bahan bakar masih menggunakan karburator dipadu dengan transmisi manual 5-percepatan. Mampu menghasilkan tenaga 13,9 PS dan torsi 13,4 Nm.

Kaki-kakinya lumayan kekar dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan sok tunggal di belakang. Pelek sudah dibalut ban tapak lebar 100/80/17 untuk depan dan 140/60/17 (belakang). Panel instrumen sudah full digital, sama seperti yang ada pada Byson. Paling mencolok, desain knalpot bergaya moge berbentuk segitiga dengan dua saluran pembuangan.

Dalam strategi baru Suzuki Indonesia, Gixxer bakal menjadi salah satu model penopang utama penjualan. Untuk menyukseskan ini, dikabarkan akan ada ubahan ttipe mesin bawaan Gixxer, menjadi DOHC, dengan asupan bahan bakar injeksi. Menyangkut perubahan inti, belum ada kepastian langsung, hanya memang benar kalau pilihan itu merupakan salah satu opsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.