Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2014, 08:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Perusahaan Asuransi Astra Buana (AAB) meresmikan logo baru di Jakarta, Selasa (22/4/2014). Jika sebelumnya terkesan sederhana dan kaku, identitas baru kini tampil lebih segar dengan penggantian komposisi, jenis huruf dan tambahan simbol yang mirip logo produk AAB khusus otomotif, Garda Oto.

“Kami berpikir sekarang sudah saatnya menonjolkan identitas kita sebagai salah satu perusahaan asuransi kerugian terbesar di Indonesia. Kami ingin visi kami sebagai pemain terdepan di bisa terkomunikasikan dengan baik,” ucap Santosa, CEO AAB, di Jakarta, Selasa (22/4/2014).

Pemaknaan
Santosa memaparkan, citra “senyum” Garda Oto di masyarakat sudah terkonstruksi dengan baik. Bahkan mengalahkan popularitas AAB sendiri. “Sebab itu kita pakai visual grafis yang sudah begitu kuat menancap di pelanggan, yang dikombinasikan dengan warna favorit AAB menjadi satu lambang ikonis senyum yang baru,” terangnya.  

Komponen lain pada logo baru adalah kata-kata “Asuransi Astra”. Kata “Astra” dibuat lebih menonjol dari “Asuransi” untuk mempertegas bagian Astra International sebagai induk perusahaan. Pemilihan tulisan sengaja menggunakan huruf kecil, menandakan sifat melayani. “Sebagai perusahaan besar, yang paling saya takutkan adalah kita akan menjadi arogan. Huruf kecil akan selalu mengingatkan kami untuk rendah hati,” jelas Santosa.

Jenis huruf “Astra” terlihat seperti tulisan tangan, alasannya, melambangkan perusahaan yang mampu dijangkau banyak konsumen. Warna biru tua, terinspirasi dari warna laut dalam. Bisa diartikan, asuransi adalah bisnis yang menuntut kehati-hatian, sebab itu harus dijalankan dengan skill, kompetensi, dan bisa dipercaya. Sementara biru muda menandakan langit kala cuaca cerah di pagi hari, melambangkan harapan, semangat, dan optimistis.

“Walaupun nama Garda Oto sudah dikenal, kita akan aplikasikan kepada semua produk kita. Harapannya, seluruh produk yang dihasilkan AAB senantiasa memberikan ‘senyuman’,” pungkas Santosa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.