Sepeda Motor BMW Juga Gunakan “Laserlight”?

Kompas.com - 13/02/2014, 16:53 WIB
Lampu berteknologi laser dari BMW yang akan dipasangkan di model i8 plug-in hybrid. BMWLampu berteknologi laser dari BMW yang akan dipasangkan di model i8 plug-in hybrid.
|
EditorAris F. Harvenda

Munich, KompasOtomotif - BMW hampir memastikan diri menjadi produsen otomotif pertama yang memproduksi lampu depan berteknologi laser –disebut laserlight- pada mobil. Plug-in hibrida i8 rencananya jadi produk pertama yang menggunakan. Pabrikan asal Jerman itu menyatakan, terapan teknologi ini tidak hanya bisa digunakan mobil, beberapa sumber internal berbisik, laserlight akan disematkan pada sepeda motor BMW di masa depan.

“BMW laserlight adalah pencahayaan ideal sebagai sumber cahaya utama kendaraan. Menggabungkan performa dan keamanan yang efisiensi. Hasilnya, pengalaman berkendara jauh lebih nyaman dan aman. Semua faktor penting tersebut akan sangat sempurna jika diterapkan pada sepeda motor BMW,” ujar salah satu sumber kepada BMW Motorcycle Magazine, Selasa (11/2/2014).

Diakatakan, jenis lampu yang menyerupai cahaya matahari sudah banyak diproduksi di mobil-mobil baru, dan kini tidak asing lagi buat konsumen mobil, namun tidak demikian untuk sepeda motor. Kelebihan berupa jangkauan, kekuatan, dimensi, dan bobot dirasa akan sangat berguna buat tunggangan roda dua, terutama saat berkendara di malam hari.

Sejak pertama kali diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2011, aplikasi laser pada sumber cahaya utama kendaraan dianggap sebagai inovasi hebat untuk sistem penerangan. Pada i8, kekuatan cahaya yang dihasilkan dua kali lebih baik daripada jenis LED. Konsumsi daya 30 persen lebih irit dan lampu jauh sanggup menerangi hingga 600 m. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X