Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Lampu Laser Sebagai Opsional pada i8

Kompas.com - 12/02/2014, 07:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Produsen mobil premium asal Jerman, BMW, mengumumkan memulai produksi lampu depan laser dan disebut ”Laserlight” ditawarkan sebagai opsional untuk i8 plug-in hybrid.

Teknologi lampu bersumber dari tiga laser yang menghasilkan cahaya biru. Ketiganya dikombinasikan dan dipantulkan melalui lensa dengan penyaring gas fosfor neon. Hasilnya, cahaya putih dengan spektrum mirip cahaya matahari di siang hari.

Sebagai lampu jauh diklaim sanggup menerangi hingga jarak 600 meter ke depan atau dua kali lipat kemampuan lampu LED. Selain lebih terang dan tak menyilaukan pengguna jalan lain, Laserlight menggunakan energi lebih efisien 30 persen dibanding LED.

BMW Cara kerja lampu laser BMW.

”Karena  tuntutan emisi dan keamanan semakin tinggi, laser sangat dibutuhkan untuk membuat semua sistem bekerja lebih efisien. Meksi terang, dengan teknologi pintar sorot lampu tidak akan menggangu pengemudi mobil di depan,” jelas BMW.

Usia pakai diperkirakan sama dengan LED, sekitar 10.000 jam, atau bisa jadi melebihi usia mobil. Teknologi laser juga akan menghilangkan problem perubahan warna yang sering ditemukan pada lampu HID yang sudah lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com