Avanzanation Journey 2014 [Timur]

Avanzanation Journey Jelajah Batas Negara RI-Papua Niugini

Kompas.com - 11/02/2014, 10:31 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Merauke, KompasOtomotif – Penjelajahan Avanzanation Journey wilayah Timur di hari pertama, Senin (10/2/2014), berhasil menyentuh garis batas antara Republik Indonesia (RI) dengan Papua Niugini (PNG), tepatnya di distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua. Berkat pencapaian ini, Toyota Avanza dianugerahi piagam penghargaan dari Kepala Kantor Distrik Sota.

Perbatasan wilayah ditandai tiang pancang yang telah didirikan sejak 1983, buah persetujuan hasil survei tim Indonesia dan Australia selaku pengurus administrasi teritori PNG. Tidak banyak mobil yang bisa mencapai titik terjauh paling Timur di Tanah Air ini. Makruf Suroto, penjaga tugu perbatasan RI-PNG mengatakan jarang sekali dikunjungi rombongan touring apalagi jenis MPV.

“Avanza diminati hingga ke daerah terpencil. Hal ini menandakan Avanza favorit di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Widyawati, General Manager Corporate Planning and Public Relation Toyota Astra Motor, yang juga ikut dalam rombongan.

Tangguh
Selain mengemban misi mengeksplorasi keistimewaan pelosok bumi Nusantara, Avanzanation Journey juga menjadi ajang pembuktian ketangguhan Avanza di segala jenis medan.

Rombongan memulai perjalanan dari dealer utama Merauke, Hasjrat Abadi, menempuh 170 km “membelah” Taman Nasional Wasur, kemudian sampai di perbatasan RI-PNG. Guyuran hujan di beberapa lokasi tidak menghalangi pemandangan hijau sepanjang perjalanan. Di area perlindungan Pemerintah Papua ini terkenal dengan “rumah” semut yang bisa terlihat di tepi jalan. Tingginya bervariasi, mulai dari 30 cm hingga 3 meter lebih.

Seiring petualangan, suguhan kontur permukaan jalan berlubang dan bergelombang “menantang” Avanza setelah beberapa km meninggalkan kota. Tidak ada keluhan ataupun kendala buat MPV 7-penumpang terlaris ini ketika beraksi. Sasis unibody yang dikombinasikan dengan sistem gerak roda belakang menawarkan kenyamanan mobil keluarga.

Di hari berikutnya, Selasa (11/2/2014), Avanzanation Journey akan mengikuti tradisi karnaval yang digelar untuk menyambut HUT Merauke. Kemudian perjalanan berlanjut mengunjungi pantai Lampu untuk menikmati indahnya matahari tenggelam. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.