Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Timur]

Penjelajahan Avanza dari Indonesia Timur Dimulai

Kompas.com - 10/02/2014, 21:17 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Merauke, KompasOtomotif - Perjalanan tim Avanzanation Journey wilayah Timur resmi dimulai dari bumi Merauke, Papua, Senin (10/2/2014). Kesenian lokal berupa tarian Cendrawasih dan genderang Tifa -alat musik tradisional Papua- mengiringi kick off rombongan sebelum menjelajah ke 19 kota hingga Jakarta.  

Widyawati, General Manager Corporate Planning and Public Relation, Toyota Astra Motor (TAM) memaparkan, Merauke dipilih menjadi salah satu titik awal keberangkatan sebab lokasi koordinatnya berada paling Timur di Indonesia. Selain Merauke, kegiatan ini juga telah dimulai di dua kota lainnya, yaitu Banda Aceh (Barat) dan Pontianak (Tengah). 

Seluruh tim akan mengarungi perjalanan sejauh 16.000 km dan mengunjungi 45 kota di seluruh Indonesia, menuju destinasi terakhir, Jakarta.

"Kami ingin menunjukan bahwa Avanza mampu mengarungi seluruh medan. Kalau di Aceh itu naik turun, Kalimantan melibas hutan, sedangkan perjalanan di Merauke melewati pesisir. Sama seperti Kijang Innova, desain Avanza merupakan hasil survei dari keadaan infrastruktur di seluruh Indonesia," jelas Widyawati, dalam sambutannya di dealer utama Merauke, Hasjrat Abadi.

CSR
Selain melepas tim Timur, TAM juga menyerahkan secara simbolis bantuan mesin 1TR kepada pelajar SMK Santo Antonius. Disaksikan Daud Hoellenger selaku Kepala Suku Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Merauke, aksi Corporate Social Responsibility (CSR) ini tidak hanya sebagai wujud nyata kepedulian terhadap pendidikan Tanah Air tapi sekaligus bagian dari usaha mencetak teknisi handal.

“Pengembangan Toyota dimulai dari Sumber Daya Manusia itu sendiri, tidak hanya bisnis tapi juga lingkungan. Kita ingin pelajar tidak hanya tahu teori tapi juga praktiknya. Kita butuh banyak sekali teknisi, nantinya setiap dealer di daerah disuplai pekerja lokal profesional,” harap Widyawati.

Stefanus Letsoin, Kepala Sekolah Santo Antonius, mengaku gembira menerima “kado” dari Toyota. Mesin sumbangan ini merupakan jenis injeksi pertama yang bisa dipelajari langsung oleh para siswa. “Harapan saya semua murid bisa bersaing dengan SMK lain di seluruh Indonesia,” tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com