Kompas.com - 30/01/2014, 14:35 WIB
|
EditorZulkifli BJ

London, KompasOtomotif — Seri perdana balap Formula 1 2014 yang terbagi 19 seri dimulai pada 16 Maret di Melbourne, Australia, dan berakhir di Yas Marina Circuit, Abu Dhabi, pada 23 November.

Motorsport paling mahal ini mengalami perubahan cukup besar tahun ini. Setiap tim ditantang menggunakan mesin yang semakin efisien, termasuk menggunakan turbocharger dan energy recovery system (ERS).

Nomor pebalap juga sudah ditentukan. Tahun ini juga merupakan musim kembalinya Kimi Raikkonen ke Ferrari yang berada dalam pilihan antara "bertarung habis" atau membantu Fernando Alonso.

Ada 10 hal menarik pada ajang adu cepat tersebut sepanjang tahun ini. 

1. Turbocharger
Ini kali pertama balapan tersebut menggunakan mesin V6 1,6 liter atau mesin dengan kapasitas kecil yang dipasangi turbochargerTujuannya untuk mendekatkan teknologi F1 ke mobil-mobil konvensional. Setiap mesin punya hybrid energy recovery system (ERS), mengembalikan energi yang terbuang saat mobil direm. Jumlah bahan bakar yang dibawa juga dibatasi. 

f1technical Perbedaan Ferrari F138 (2013) dan F14T (2014)

2. "Hidung" baru F1
"Hidung" F1 kini tampil dengan desain baru, yang antara lain lebih rendah. Bentuknya pun aneh-aneh itu. Alasan mereka, demi aerodinamika dan lolos uji tabrak.

espnf1 Desain mobil F1 mjusim 2014

3. Kimi Raikkonen
Juara dunia F1 2007 ini membalap bersama Ferrari. Pria asal Finlandia ini pun tetap digaji oleh Ferrari walaupun aktif dalam World Rally Championship pada 2010 dan 2011. Setelah itu, ia kembali ke F1 pada 2012 dan 2013 bersama tim Lotus. 

4. Kevin Magnussen
Putra pebalap Jan Magnussen, Kevin Magnussen, akan mendampingi Jenson Button di McLaren. Terobsesi mengikuti jejak sang ayah, Kevin sudah menghabiskan banyak waktu untuk mencoba simulator balap di pusat riset McLaren.

5. Sirkuit baru
Austrian Grand Prix kembali ke kalender F1 setelah absen 10 tahun. Berkat Red Bull, kini seri ke-8 akan digelar di Red Bull Ring, Spielberg, pada 22 Juni. Rusia juga mendapat jatah menggelar seri ke-16 di Sochi International Street Cirkuit pada 12 Oktober.

6. Kamui Kobayashi
Pebalap Jepang ini mengikuti musim 2014 bersama Caterham setelah absen selama semusim. Ia dikenal pantang menyerah. Prestasi terbaiknya, naik podium di Japanese Grand Prix pada 2012.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber autocar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.