"Mocin" Listrik Mirip Honda CBR150R

Kompas.com - 28/01/2014, 17:06 WIB
EFM M?, sepeda motor elektrik dari China dengan tampang Honda CBR150R. motociclismo.itEFM M?, sepeda motor elektrik dari China dengan tampang Honda CBR150R.
|
EditorAris F. Harvenda

Beijing, KompasOtomotif — Sepeda motor listrik mulai menjalar ke produsen asal China. Mereka bahkan berani menawarkan ke sejumlah negara Eropa. Salah satunya adalah Electro Force Motors (EFM), produsen kendaraan listrik yang berbasis di Beijing. Mereka punya Mμ (ditulis dalam ejaan Yunani) yang memiliki tiga pilihan tenaga penggerak.

Varian ”Standard” bertenaga 11 PS dan torsi 47 Nm, didapat dari baterai 3,9 kWh yang diklaim mampu bertahan hingga 115 km dengan kecepatan maksimum 85 kpj. Lalu ada pilihan tipe ”Plus” dengan tenaga 15 PS dan torsi 70 Nm. Terakhir, tipe ”Pro” dengan tenaga 20 PS dan torsi 82 Nm.

Belum ada informasi spesifikasi secara detail, tetapi suspensi depan diklaim punya lingkar 42 mm. Pengurang laju memanfaatkan double disk 280 mm di depan dan belakang. Pengisian ulang baterai dari kosong sampai penuh butuh 8 jam. Sementara itu, bobot bervariasi (bergantung tipe), antara 140 kg dan 170 kg.

motociclismo.it Hanya bagian rem dan tidak mirip CBR.

Plagiat
Kendati cukup menjanjikan, seperti ”kebiasaan” sepeda motor China (atau kerap disebut "mocin" saja), tampilannya merupakan plagiat dari Honda CBR150R. Hampir semua bagian sama persis, hanya lengan ayun yang tampak berbeda karena menopang baterai.

Karena benar-benar mirip, beberapa media di Italia sampai menyindir dengan pernyataan pedas. Bahkan, ada yang menduga, jika ikut pameran, maka mereka bakal digelandang keluar, seperti ketika skuter-skuter China mirip Piaggio diusir saat EICMA.

Soal harga, jika dikonversikan dengan mata uang euro, maka kendaraan ini di China dijual mulai dari 3.300 euro (Rp 54-an juta) hingga 4.000 euro (Rp 67-an juta). 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X