Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil China Belum Siap Bertarung di AS

Kompas.com - 21/01/2014, 06:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Produsen China dinilai belum siap masuk ke pasar Amerika Serikat (AS). Indikatornya, tahun ini tidak ada produsen dari Negeri Tembok Besar itu mengikuti Detroit Motor Show (NAIAS) 2014. Sejak 2006, produsen China bergantian ikut, yaitu  BYD Auto, Great Wall Motors dan Geely. 

Beberapa pengamat menilai, butuh 5 tahun lagi bagi merel-merek China untuk membisa menyusuri jalanan AS. Mobil-mobil yang pernah dipamerkan dinilai kurang modern, kalah bersaing dengan merek dan model-model dari AS, Eropa, Jepang dan Korea Selatan.

Kendati demikian, salah satu eksekutif BYD Auto mengatakan, 4 model sedang disiapkan pada 2015. Tekad itu masih diragukan karena Geely pernah memamerkan produknyua di NAIAS 2006, namun tidak berhasil menarik minat konsumen AS. 

“Saya sama sekali tidak terkejut. China masih dalam tahap proses,” kata Nigel Francis, mantan eksekutif Mercedes-Benz yang kini bertugas membantu bisnis otomotif China ke AS.

Produsen China masih yunior bila untuk bersaing dengan bersama Ford, General Motors dan Chysler. Butuh jaringan pemasaran yang siap. Peluang tetap ada karena pasar AS sudah jenuh dengan mobil lokal, German, Korea Selatan dan Jepang.

Analis percaya, jalan terbaik untuk waktu menengah, mengimpor, bukan dari China tetapi dari Mexico atau negara-negara Amerika Selatan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com