Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jardine "Caplok" Distributor Mobil Premium di China

Kompas.com - 21/01/2014, 11:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - Jardine Strategic Holdings Ltd sepakat untuk membeli 20 persen saham distributor mobil premium di China, Zhongsheng Group Holdings Ltd. Tujuannya, supaya bisa ikut menikmati lonjakkan penjualan mobil premium yang semakin besar jumlahnya di pasar mobil terbesar di dunia itu.

Jardine menggelontorkan dana sampai 5,6 miliar dollar Hong Kong (Rp 8,6 triliun) untuk memuluskan rencana ini. Zhongsheng merupakan distributor untuk beberapa merek premium, termasuk Mercedes-Benz, Audi, dan Porsche. Perusahaan yang berbasis di China itu akan menggunakan dana segar yang masuk untuk menambah jumlah jaringan pemasaran.

Jardine Strategic merupakan anak perusahaan dari Jardine Matheson Group yang berhasil memasarkan 20 juta unit mobil di semua jaringannya di dunia periode 2013. Grup Jardine punya Jardine Cycle & Carriage Ltd yang menjual Mercedes-Benz dan Citroen di Singapura, juga menguasai saham mayoritas PT Astra International Tbk (Grup Astra), pemasar otomotif terbesar di Indonesia.

"Jardine bukan cuma investor finansial, tapi juga investor strategis. Ini mungkin baru langkah awal dari kerjasama jangka panjang," jelas Ole Hui, analis Mizuho Securities di Hong Kong, dilansir Bloomberg (20/1/2014).

Adam Keswick Direktur Jardine Strategic mengatakan, Zhongsheng merupakan salah satu grup distriburtor mobil yang banyak memegang merek internasional. "Investasi jangka panjang ini memberikan kami porsi yang lebih besar pada pasar di China, di sektor yang kami pahami dan kami percaya Zhongsheng punya potensi berkembang," jelas Adam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com