1.000 "Last Samurai" Coba Selamatkan Yamaha Scorpio dari Hukuman Mati

Kompas.com - 26/01/2014, 10:00 WIB
Yamaha Scorpio Limited Edition Febri ArdaniYamaha Scorpio Limited Edition
|
EditorAris F. Harvenda

Canggu, KompasOtomotif — Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) coba membangkitkan kembali memori masyarakat pada kedigdayaan Scorpio Z dengan meluncurkan versi Limited Edition, Sabtu (26/1/2014), yang hanya tersedia 1.000 unit. Pamor sepeda motor yang telah mengabdi selama 12 tahun di Indonesia itu dikatakan semakin memudar di tengah kerasnya persaingan kelas sport.

Sepanjang 2013, Scorpio Z hanya terjual 6.427 unit dengan rata-rata penjualan 300-500 unit per bulan. Hasil tersebut menjadikan Scorpio berada di urutan paling bontot di antara semua model berlogo garpu tala.

Eko Prabowo, GM Promotion & Community Development YIMM, menyebutkan, Scorpio terus menjauhi skala ekonomis. Tidak menutup kemungkinan, tunggangan berkarakter touring itu akan "disuntik mati", jika 1.000 "Last Samurai" masih tidak bisa meningkatkan total penjualan.

"Yang jadi masalah, kuantitasnya terlalu sedikit sehingga menjadi beban ekonomis. Limited Editon hadir untuk memancing konsumen (agar) lebih melihat ke Scorpio. Kalau bisa 500-700 unit (per bulan), kita masih terus produksi," papar Eko, seusai peluncuran Scorpio Limited Edition di Canggu, Bali, Sabtu (25/1/2014).

Desember lalu, Dyonisius Beti, Wakil Presiden Direktur Eksekutif YIMM, mengungkapkan bahwa kehadiran R25 ber-fairing bisa jadi menggantikan posisi Scorpio yang akan berhenti diproduksi pada tahun ini. Namun, Eko menjelaskan bahwa asa masih ada karena kelas dari dua sepeda motor itu berbeda. "Yamaha dikenal di segmen sport, kami selalu terdorong untuk memiliki line-up lengkap," tutup Eko. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X