Penjualan Mobil Jepang Tahun ini Diperkirakan Tidak Tumbuh

Kompas.com - 07/01/2014, 09:33 WIB
Kinerja ekspor mobil dari Jepang terus naik. www.todayonline.comKinerja ekspor mobil dari Jepang terus naik.
|
EditorZulkifli BJ
Tokyo, KompasOtomotif - Total penjualan mobil di Jepang sepanjang tahun lalu (2013) stagnan alias jalan di tempat, cuma tumbuh 0,1 persen menjadi 5,38 juta unit. Penjualan yang sempat melesat September lalu tak berpengaruh banyak karena total pasar menurun karena subsidi mobil hijau berakhir sejak September 2012. 

Asosiasi Industri Otomotif Jepang (JAMA) dan Asosiasi Sepeda Motor Jepang menjelaskan, penjualan di pasar otomotif ketiga terbesar di dunia itu diharapkan kembali membaik dalam tiga bulan pertama tahun ini. Namun penjualan bisa terpuruk lagi mulai April setelah pemerintah memutuskan menaikkan Pajak Penjualan dari 5 persen menjadi 8 persen.

Tahun lalu, mobil kecil atau "kei car" dengan 600 cc ke bawah penjualannya menembus rekor 2,1 juta unit, naik 6,7 persen. Penjualan tumbuh karena munculnya model-model baru syarat dengan teknologi baru dan juga makin irit sertakelengkapan keselamatan terus bertambah. 

Pada bulan lalu, penjualan mobil naik 25 persen menjadi 423.210 unit, belum termasuk "Kei Car". Toyota menjadi merek terlaris termasuk Lexus naik 11,9 persen, di susul Honda melesat 105,3 persen dan Nissan naik 1 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X