Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2014, 11:15 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – ”Menguliti” kabin mobil, terutama jok, bisa dengan berbagai cara. Sekadar memberi sarung, atau bahkan mengganti lapisan asli menjadi kulit dengan warna dan motif jahitan menyesuaikan selera. Semua model dan jenis ada plus dan minusnya. Menerapkan salah satu model kini bergantung kebutuhan.

Donny Apriliananda Nuansa dan motif jok bekleed, bisa sesuai selera.

Sulaiman, penjahit jok di salah satu bengkel di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, mengatakan kepada KompasOtomotif, Jumat (3/1/2013) bahwa tren sekarang lebih banyak melapisi dengan cover. ”Katanya supaya mudah dijual kembali. Jadi nggak merusak jok asli,” ujarnya.

Untuk melapisi jok dan trim, ada beberapa cara:

1. ”Cover”
Sifatnya cuma melapisi untuk melindungi jok asli (terutama yang terbuat dari bahan kain) dari kotoran. Tentu, hasilnya kurang rapi, dan bahannya mudah getas dan pecah setelah dipakai 3 tahun. Kelebihan, harga lebih terjangkau. Bahkan ada dengan bahan ”biasa” cuma dihargai Rp 750 ribu untuk jok mobil penumpang tiga baris.

2. Semi Bekleed
Jenis kedua, pengerjaan lebih rapi. Kulit jok tambahan dijahitkan di jok asli. Kalau cover hanya disarungkan, jenis ini dijahit langsung dengan mengikuti kontur. pelapis asli bawaan dealer tetap dipertahankan, sehingga ketika jahitan dicopot, jok asli masih utuh. Jahitan ini sifatnya paten, begitu jahitan dilepas maka untuk memasangnya kembali harus dijahit lagi. Harganya sedikit lebih mahal, tapi tetap terjangkau, sekitar Rp 1 juta ke atas.

3. Bekleed
Ini cara pemasangan pelapis jok paling rapi. Pembungkus jok bawaan benar-benar dilepas, untuk kemudian disisakan busanya saja. Pelapis pengganti dijahitkan pada jok dengan kontur baru atau sesuai selera. Hargannya cukup tinggi, mencapai Rp 3 juta, itu pun bergantung bahan yang dipakai. Tentu, ketika memilih cara ini, jangan harap bisa mengembalikan bentuk jok asli seperti sedia kala.

Setelah menentukan cara yang dipakai, Anda boleh mulai memikirkan bahan apa yang akan dipasang. Misalnya, memilih antara kulit asli atau sintetis. Jika Anda juga ingin melapisi trim dengan nuansa yang sama (misalnya pintu), proses ke-2 dan ke-3 bisa dilakukan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.