Karyawan Pabrik AHM Ikut Riuhkan ”May Day”

Kompas.com - 01/05/2013, 13:27 WIB
Ribuan karyawan AHM dari tiga pabrik turun ke jalan riuhkan May Day. donny aprilianandaRibuan karyawan AHM dari tiga pabrik turun ke jalan riuhkan May Day.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Menghormati pelaksaan Hari Buruh Sedunia (May Day), hari ini (1/5), ribuan karyawan pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) turun ke jalan, menyatu dengan sesama buruh dan melakukan long march menuju Istana Kepresidenan. Mereka tergabung dalam SP LEM SPSI PT AHM, dikoordinir dari tiga pabrik: Sunter, Pegangsaan Dua, dan Cikarang. Dari pantauan KompasOtomotif di seputaran Bundaran HI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, karyawan AHM yang berkendara menggunakan jaket merah dan membawa atribut bendera, melakukan konvoi dengan tertib.

Menurut Eko, salah satu koordinator lapangan, yang ikut turun ke jalan sudah dibagi-bagi, tapi semua yang dijadwalkan bekerja di shift pertama. "Sebagian besar dari pabrik Pegangsaan dan Sunter. Tapi yang dari Cikarang (pabrik ke-3) dibagi dua, ada yang ikut bergabung di sini dan ada yang turun di Cikarang. Kami memang diliburkan," kata Eko kepada KompasOtomotif.
 
Produksi Berkurang
Tentu, ikutnya karyawan pabrik AHM mengurangi jumlah produksi sepeda motor Honda. Menurut Kristanto, Head of Corporate Communication AHM ketika dikonfirmasi, dalam sehari tiga pabrik AHM menghasilkan 16.000-an sepeda motor. Jika shift pertama diliburkan, hari ini produksi hanya tercapai maksimal 9.000-an unit.

"Ini sudah menjadi kebijakan manajemen untuk menghormati sesama karyawan dan buruh, sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Shift kedua dan ketiga yang mulai pukul 16.00 dan pukul 24.00 tetap berjalan. Kami jamin pasokan tidak akan terganggu," ujar Kristanto.

Pasokan komponen yang sudah masuk tetap dijalankan produksinya, tapi untuk komponen yang akan masuk pagi tadi, terpaksa ditunda untuk diproduksi, menunggu giliran shift kedua.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X