Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Penjualan 10 Juta Unit Mundur 4 Tahun

Kompas.com - 31/10/2012, 20:02 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Pada pidato pembukaannya di Jakarta Motorcycle Show 2012, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian RI Budi Darmadi mengatakan bahwa target penjualan sepeda motor 10 juta unit per tahun mundur empat tahun lagi. Semula, target 10 juta unit diharapkan dicapai pada 2013. 

Kenyataannya, tahun ini, penjualan sepeda motor—berdasarkan perkembangan terakhir—diperkirakan hanya 7,1 juta. Padahal sebelumnya, penjualan diharapkan bisa mencapai 8,5 juta unit.

"Saat ini pasar sepeda motor masih di kisaran 7,1 juta unit, lebih rendah dari tahun lalu. Karena itu, target 10 juta unit pada tahun 2013 diundur ke 2016. Kami yakin mencapai angka itu mengingat masih banyak masyarakat yang belum bisa menjangkau harga mobil. Di samping itu, sarana transportasi umum belum memadai," ungkap Budi.

Indonesia saat ini merupakan pasar sepeda motor terbesar di Asia Tenggara, nomor tiga di dunia setelah China dan India. 

12 Juta
Sementara itu, Gunadi Sindhuwinata, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), mengatakan bahwa penjualan sepeda motor di Indonesia 12 juta per tahun. “Saat ini jumlah sepeda motor di Indonesia 50 juta unit. Bila dibandingkan dengan perbandingan penduduk dan kepemilikan sepeda motor, Indonesia masih di bawah Thailand dan Malaysia.

Kenyataannya, penjualan sepeda motor pada tahun ini justru merosot dibandingkan tahun lalu. "Penjualan di DKI tahun ini turun 9 persen. Angka tersebut di bawah Jatim dan Jateng, masing-masing 14 persen. Perkembangan pasar di luar DKI dan Jawa terus meningkat dan akan menjadi tulang punggung penjualan sepeda motor di masa mendatang," urai Gunadi.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com