Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Karimun Kotak Jadi Blind Van Tiga Pintu

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Karimun ‘Kotak’ meluncur pada akhir 90-an. Pada saat itu belum banyak produsen yang menghadirkan mobil berukuran kecil, tak heran jika mobil ini disebut menjadi salah satu pelopor city car di Indonesia.

Kemudian pada awal 2000-an mulai banyak pesaing Karimun Kotak, namun mobil tetap menjadi pilihan konsumen hingga 2006, waktu terakhir kali Karimun Kotak di produksi.

Meski sudah berusia 17 tahun sejak model terakhirnya dijual, populasi Karimun Kotak di Indonesia masih cukup banyak. Tak jarang dari mereka yang mempertahankan city car ikonik dari Suzuki ini, hingga kemudian dimodifikasi agar tampilannya lebih segar.

Seperti yang dilakukan oleh Gofar Hilman. Pria yang berkecimpung di dunia entertainment ini, menceritakan konsep modifikasi Karimun Kotak miliknya menjadi model blind van.

“Karimun ini memang saya bikin seperti Jepang Jepangan gitu, dibikin pintu sebelah kanan itu enggak ada, karena di Jepang kan ada versi di sebelah kanan pintunya ga ada CT21S tipenya, nah saya bikin seperti itu,” ucap Gofar, saat ditemui di Tangerang, Jumat (6/10/2024).

“Nah awalnya saya buat seperti itu, part-part saya beli dari Jepang, ada sedikit modifikasi. Dan hasilnya pertama saya tidak suka dan akhirnya saya buat blind van,” lanjut Gofar.

Secara tampilan mobil ini masih mempertahankan desain khas Karimun Kotak dengan lampu bulat. Hanya saja, pria yang pernah bekerja sebagai penyiar radio ini mengubah tampilan city car dari Suzuki yang semula empat pintu menjadi tiga pintu.

Tak hanya itu, Gofar juga menyematkan sejumlah bodykit dan aksesori untuk membuat tampilannya semakin ganteng.

“Bagian depan saya tidak pakai bodykit, cuma gril saya pakai IPS yang ada lampunya, itu jarang, sudah di dapat. Apalagi side skirt, bodykit samping itu ada sedikit aluminum dan itu jarang banget ditemui. Saya dapat di Jepang, bekas,” kata Gofar.

Untuk bagian kaki-kaki, Gofar menyematkan pelek TBW ring 15 berwarna biru dengan tambahan turbo disc limited edition TBW x Muklay.

Pria kelahiran tahun 1983 ini juga menambahkan sejumlah aksesori di bagian atap, mulai dari roof box, papan surfing, sepeda, hingga tangga di bagian belakang.

“Kita konsepnya kan Jepang, karena Jepang saya enggak pakai Thule, jadi saya pakai merk Terzo (bracket, roofbox) dari Jepang dan itu saya dapat mungkin barang-barang tahun 80-90an tapi masih baru di Jepang,” ucap Gofar.

“Terus rak sepeda juga pakai Terzo dan sepedanya tuh sepeda suzuki juga jadi temanya biar Suzuki semua,” lanjutnya.

Secara keseluruhan, modifikasi Karimun Kotak milik Gofar sukses membuat mobil ini terlihat lebih modern dan tampan. Bisa menjadi referensi untuk pemilik Karimun Kotak yang ingin tampilan mobilnya berbeda.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/06/100100115/modifikasi-karimun-kotak-jadi-blind-van-tiga-pintu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke