Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cegah Roda Terkunci Saat Mobil Lama Tak Digunakan

JAKARTA,KOMPAS.com - Sejumlah teori menilai, jika mobil parkir dalam waktu yang lama butuh melepaskan rem tangan. Pasalnya, rem bisa mengunci roda karena kampas yang berkarat. 

Sebagaimana dalam unggahan video @indocarstuff, yan memperlihatkan roda kiri Suzuki Swift tidak berputar sama sekali. Terlihat, roda kanan mobil masih berputar seperti biasa. 

Rem tangan yang dibiarkan aktif dalam waktu lama, membuat sistem mengunci roda. Masalah akan bertambah parah jika mobil jarang digunakan berhari-hari. 

Apalagi bagi mobil yang jarang digunakan setelah dicuci, atau habis melintasi jalan tergenang air

"Rem yang aktif terhubung untuk mengunci roda agar tidak berputar. Karat yang membuat rem tidak bisa dilepaskan. Air kan mengendap, dari bekas air cuci mobil atau genangan banjir di jalan," ucap Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Bahkan, dalam waktu singkat karat akan menjalar ke rumah tromol rem belakang. Untuk itu, pemilik mobil terkadang perlu melepaskan rem tangan. 

Menurut Bambang, perawatan khusus bagi mobil yang jarang digunakan juga termasuk salah satu cara menghindari rem bermasalah. 

Contoh, membiarkan rem kering dengan sendirinya saat mobil habis di cuci. Caranya, dengan menjalankan mobil secara terbatas sambil menekan pedal rem. 

"Piringan agar tidak berkarat yang membuat rem macet. Mobil bisa maju, dan mundur beberapa kali. Baik jika dijadikan cara wajib untuk menjaga mobil tetap awet, meski jarang digunakan," kata Bambang. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/24/143100915/cara-cegah-roda-terkunci-saat-mobil-lama-tak-digunakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke