Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baterai Toyota Innova Zenix Hybrid Dijual Rp 30 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memiliki penggerak konvensional yang ditenagai oleh mesin, Innova Zenix Hybrid juga memiliki penggerak listrik yang dibekali oleh HV Battery (baterai hybrid). Dinamika kinerja keduanya membuat konsumsi bbm mobil lebih irit.

Walaupun keduanya memiliki fungsi serupa yakni menggerakkan mobil, ada perbedaan mendasar perihal durasi pemakaian. Dalam hal ini, HV battery innova zenix hybrid memiliki usia penggunaan dan ada masa penggantiannya.

“Berdasarkan klaim TMC (Toyota Motor Corporation) di Jepang, HV battery Innova Zenix Hybrid kuat digunakan selama 10 tahun, waktu yang terbilang lama. Cuma di Indonesia, sepertinya usia baterai akan sedikit menurun,” kata Didi Ahadi, Head of Dealer Technical Support Departement TAM kepada Kompas.com, Senin (13/3/2023).

Dijelaskan oleh Didi, faktor iklim cuaca, kontur jalanan dan kondisi lalu lintas Indonesia yang berbeda dengan Jepang adalah beberapa faktor yang menyebabkan penurunan usia penggunaan baterai Innova Zenix Hybrid.

Baterai sudah mencapai batas usia penggunaannya harus diganti. Untuk baterai Innova Zenix Hybrid, baterainya ada di kisaran Rp 30 jutaan. Harga itu jauh lebih murah dari baterai Toyota Camry Hybrid yang ada di kisaran Rp 60 jutaan.

“Kami memberikan garansi baterai selama 8 tahun untuk konsumen Indonesia, masa garansi yang cukup lama. Tujuannya supaya konsumen merasa tenang dan tidak risau saat menggunakan mobil,” ujar Didi.

Selain masa garansi yang lama, Didi juga memaparkan jika teknologi Hybrid Toyota sudah sangat mumpuni. Selain karena pengembangan yang terus dilakukan, pengalaman Toyota dengan mesin Hybrid juga cukup banyak.

“Urusan hyrbrid sudah lama ditangani Toyota. Sudah banyak lineup hybrid sebelum Zenix seperti Prius, Camry, dan Alphard. Pengalaman ini diharapkan bisa menjadi bukti positif bagi konsumen,” kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/14/151200615/baterai-toyota-innova-zenix-hybrid-dijual-rp-30-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke