Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Mobil yang Disuntik Mati Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2022 banyak sekali lahir mobil model baru. Tapi, ada juga beberapa yang harus disuntik mati karena satu dan lain hal.

Faktor utamanya biasanya adalah karena angka penjualannya yang semakin menurun. Artinya, mobil tersebut sudah tidak terlalu diminati lagi oleh konsumen.

Berikut ini daftar mobil yang disuntik mati di tahun 2022:

1. Toyota Corolla Cross Non-Hybrid

Tapi, mobil ini disuntik mati penjualannya pada Maret 2022. Alasannya jelas karena menurunnya permintaan pasar.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di 2021, penjualan Corolla Cross bisa Hybrid bisa mencapai 1.304 unit. Namun, untuk versi non-hybrid, hanya terjual 215 unit.

2. Toyota C-HR Non-Hybrid

Penjualan mobil ini, menurut data Gaikindo, hanya 23 unit. Berbanding jauh jika dibandingkan C-HR Hybrid yang bisa mencapai 157 unit.

3. Honda Odyssey

Pabrik tersebut dijadwalkan tutup pada Maret 2022. Honda pun tidak memindahkan produksinya ke tempat lain, sehingga tidak ada lagi Odyssey yang diproduksi. Selain itu, peminatnya di Indonesia memang semakin menurun.

4. Mitsubishi Eclipse Cross

Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura menjelaskan, hal tersebut dikarenakan beberapa kondisi dan pertimbangan, seperti kelangkaan cip semikonduktor yang kerap mengganggu rantai produksi kendaraan.

"Betul, terhitung sejak Maret 2022, kami telah menghentikan impor dan penjualan model Eclipse Cross untuk pasar Indonesia," kata Naoya, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

5. Hyundai Ioniq Electric

Hyundai secara resmi menghentikan produksi mobil listrik Ioniq di salah satu pabrik utamanya di Ulsan, Korea Selatan, pada Juli 2022. Namun demikian, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengaku masih membuka pemesanan.

“Kona dan Ioniq masih ada, bisa tetap dipesan, jadi based on pemesanan. Masih sih (tidak discontinue). Sepanjang ada yang memesan, kami bisa tetap support,” ujar Astrid A. Wijana, Head of Marketing PT HMID, di ICE BSD City, (16/8/2022).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/27/154100615/deretan-mobil-yang-disuntik-mati-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke