Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belum Ada Prototipe Truk Listrik untuk Pasar Indonesia

TANGERANG, KOMPAS.com - Pada pameran GIIAS 2022, tiga merek kendaraan komersial membawa prototipe truk listrik. Pertama Isuzu dengan Elf EV, Fuso eCanter, dan Hino Dutro Z EV.

Berbeda dengan mobil penumpang, truk dengan motor listrik dan berbasis baterai sampai saat ini masih berupa prototipe. Baru di beberapa negara saja truk listrik ini diuji coba untuk kerja, mengangkut barang.

Sedangkan peran truk listrik di Indonesia terutama di pameran adalah untuk studi. Selain itu dilihat respons dari pengusaha terkait inovasi tersebut, apakah dibutuhkan segera atau masih belum.

Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, Electric Vehicle (EV) untuk komersial di Indonesia masih dipelajari kemungkinannya oleh semua pabrikan.

"Bisa dilihat tiga unit display yang ada di GIIAS, itu sudah pasti bukan prototipenya Indonesia," ucap pria yang akrab disapa Aat dalam acara Ngobrol Santai Isuzu di Tangerang, Jumat (19/8/2022).

Aat menjelaskan, ciri paling gampang dilihat adalah truknya yang rendah, ground clearance-nya pendek. Jadi kira-kira sama, Isuzu maupun kompetitor masih mempelajari, karena karakteristik di Indonesia ini agak berbeda.

"Mungkin di Jepang sudah siap untuk perpindahan ke electrik untuk truknya. Tapi di Indonesia kita masih perlu pelajari lebih dalam lagi," ucap Aat.

Tetapi jika di Jepang dalam waktu dekat melakukan produksi massal truk listrik, maka tinggal tunggu kesiapan di Indonesia.

Kalau memang dirasa ada kebutuhannya, IAMI tinggal meminta saja dan nanti bisa dipasarkan di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/21/180200915/belum-ada-prototipe-truk-listrik-untuk-pasar-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke