Salin Artikel

Dijaili Orang, Oli Mesin Skutik Ini Dimasuki Garam

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di sosial media memperlihatkan keluh kesah pengendara sepeda motor yang mendapati ruang oli mesinnya dijahili orang dengan dimasukkan garam.

Dalam video terlihat banyak buritan kasar baik di stik pengukur sampai oli buangan saat ganti oli. Pemilik motor mengatakan mencicipi buritan tersebut dan terasa asin yang berarti memang garam.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, trik memasukkan garam ke oli mesin sudah ada sejak dulu dan memang salah yang paling merusak mesin.

Jika garam sudah masuk ke oli mesin maka Endro mengatakan, sebaiknya pemilik bongkar mesin jangan hanya mengganti oli. Sebab dikhawatirkan masih ada sisa garam yang mengendap atau tersisa di dalam mesin.

"Bisa dibilang semua yang berkaitan dengan sirkulasi oli harus dicek lagi. Tapi hampir rata-rata mengalami keausan," kata dia.

Bahkan di satu titik jika dibiarkan kata Endro, bisa saja garam masuk ke ruang bakar dan membuat baret dinding silinder.

"Bisa, karena pada saat posisi piston di bawah di semprot oli, atau cipratan oli, cipratan oli itu mengandung garam, sedangkan garam itu kasar, pada saat naik turun piston bisa membuat baret," kata dia.

"Kalau biaya banyak, mesti dicek satu-satu. Biayanya ialah biaya belah mesin, komponen yang diganti. Biayanya belah mesin, kemudian komponennya mesti dicek lagi, tapi saya pikir pasti banyak," ungkap Endro.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/08/140100715/dijaili-orang-oli-mesin-skutik-ini-dimasuki-garam

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.