Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aki Motor Mau Awet, Jangan Malas Pakai Kick Starter

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebanyakan orang saat ini menghidupkan mesin sepeda motor cukup hanya menekan tombol starter. Kebiasaan ini kemudian membuat keberadaan fitur kick starter jadi terlupakan. 

Menggunakan kick starter dianggap ribet dan kurang praktis. Apalagi pengguna skutik yang harus turun dari motor lebih dulu.  

Padahal, penggunaan kick starter mempunyai segudang manfaat dalam menjaga keawetan motor. Hal ini di ungkap Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Nurhadi Muslim.

Menurut Nurhadi, kick starter tak hanya difungsikan darurat saja. Salah satu nilai plus menggunakan engkol manual yakni bisa membuat aki lebih awet. 

"Kalau setiap pagi hari menyalakan mesin motor menggunakan kick starter, beban aki jadi lebih ringan," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022). 

Sama halnya aki, lanjut Nurhadi, komponen motor starter elektrik bisa lebih awet. Kick starter bisa efektif mengurangi intensitas beban kerja dinamo starter.

"Menggunakan engkol manual ini secara rutin akan membantu menjaga starter electric agar bebannya tidak bertambah," katanya. 

Nurhadi juga mengatakan, bagi motor yang jarang digunakan menghidupkan mesin dengan kick starter, sirkulasi oli bisa lebih lancar. 

"Sirkulasi oli yang sudah lama mengendap di bawah mesin bisa kembali melumasi komponen lain," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Setyabudi Semarang Hari Santoso. Dia mengatakan, kick starter bisa efektif digunakan khusus motor yang sedang menjalani masa inrayen. 

"Penggunaan kick starter membantu sirkulasi oli mesin agar efektif melumasi komponen-komponen utama mesin yang masih baru," katanya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/08/123100315/aki-motor-mau-awet-jangan-malas-pakai-kick-starter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke