Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Ciri AC Mobil yang Mulai Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil, air conditioner atau AC berfungsi untuk membuat suhu udara di dalam kabin mobil menjadi lebih sejuk.

Sama seperti AC rumah, AC mobil juga memiliki komponen pendingin yang dikenal dengan sebutan refrigerant atau freon.

Layaknya AC rumah, freon yang ada pada AC mobil juga bisa habis dan perlu diganti atau dicek secara berkala, agar AC dapat tetap berfungsi secara optimal dan bisa mendinginkan suhu kabin mobil.

Jika freon sudah habis atau rusak, ada beberapa tanda sederhana yang bisa langsung dirasakan pemilik mobil.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, kebocoran freon jadi tanda pertama adanya kerusakan komponen AC mobil.

"Ciri kalau ada kerusakan atau kebocoran, hembusan angin menjadi kurang atau tidak dingin," jelas Didi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Di luar tanda yang umum tersebut, Didi mengatakan bahwa selama tidak ada kebocoran maka penggantian freon tidak perlu dilakukan.

Selain itu, untuk tetap menjaga kondisi AC mobil tetap berfungsi dengan baik, pemilik kendaraan juga perlu melakukan pemeriksaan filter udara di dalam mobil.

Didi mengatakan, mobil saat ini sudah dilengkapi dengan cabin air filter yang berfungsi untuk mencegah kotoran dari dalam kabin masuk ke dalam evaporator, yang bisa menyebabkan kerusakan evaporator.

"Jadi, perlu pemeriksaan dan penggantian secara berkala filter tersebut," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/23/121200115/perhatikan-ciri-ac-mobil-yang-mulai-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke