Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] PO Rosalia Indah Borong Lagi 8 Unit Bus Baru | Sirkuit Mandalika Gelar Enam Kali Ajang Balap Internasional

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Rosalia Indah kembali menambah armadanya. Kali ini, PO asal Karanganyar ini memakai bodi buatan Karoseri Adiputro, yakni Jetbus 3+ MHD.

Sesuai dengan bodi yang digunakan, sasis yang terpasang adalah Mercedes Benz OH 1626. Salah satu kelebihan dari bodi Jetbus MHD adalah bagasinya yang tembus, sehingga lebih lega.

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, fitur yang hadir pada kabin bus di antaranya, bangku menggunakan buatan Alldila dengan susunan 2-2.

Kemudian, selain World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, ditargetkan untuk menjadi tuan rumah ajang balap internasional lainnya.

Sirkuit Mandalika sukses menggelar WorldSBK 2021. Berikutnya, MotoGP 2022 akan digelar pada pertengahan Maret mendatang.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, Sirkuit Mandalika tidak akan berhenti sampai di MotoGP saja.

Selengkapnya, berikut ini daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 5 Februari 2022.

1. PO Rosalia Indah Borong Lagi 8 Unit Bus Baru

“Bangku 2-2 dengan leg rest terpisah, ada toilet dan audio,” kata Yohan kepada Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Bus terbaru ini menggunakan pintu tengah, jadi posisi toiletnya bukan ada di belakang. Penempatan toilet yang ada di bagian tengah efeknya adalah jumlah bangku bisa lebih banyak, namun bagasinya jadi sedikit lebih kecil.

Memabahas bagian eksteriornya, PO Rosalia Indah memakai livery terbaru. Memang secara permainan warna, masih dominan dengan silver dan oranye, namun grafisnya lebih modern dan lebih segar kelihatannya.

2. Sirkuit Mandalika Gelar Enam Kali Ajang Balap Internasional

"Kita akan undang lagi pertandingan-pertandingan internasional di Mandalika. Jadi, setidaknya dalam satu tahun ada kegiatan internasional lima sampai enam acara, tidak hanya roda dua," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu, di Jakarta, belum lama ini.

Bamsoet menambahkan, saat dirinya mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Mandalika, Jokowi sempat bertanya apakah sirkuit tersebut bisa digunakan untuk balap mobil. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pun menjawab bisa.

"Kemungkinan besar dalam waktu dekat juga akan uji coba untuk Formula 2. Mobilnya sudah disiapkan dan sudah didatangkan dari luar. Sean akan coba dengan mobil Formula 2 di Sirkuit Mandalika," kata Bamsoet.

3. Tanpa Diskon PPnBM, Tak Ada Lagi SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Adanya revisi harga yang dilakukan Daihatsu untuk low sport utility vehicle (LSUV), yakni Rocky dan Terios, membuat banderolnya kembali naik pada Februari 2022.

Efeknya, hal ini membuat kosumen yang sedang mencari SUV murah dengan dana terbatas atau di bawah Rp 200 juta, sudah tak lagi punya pilihan.

Banderol SUV Murah Rocky yang pada bulan lalu masih dipasarkan Rp 199,6 juta, kini sudah terkerek naik. Melihat dari situs resmi Daihatsu, harga varian termurah kini dijual Rp 200,6 juta.

4. Daftar Kesalahan Pemula Saat Menyetir Mobil Matik

Dewasa ini, sistem transmisi otomatis alias matik kerap dijadikan pilihan utama saat akan membeli mobil. Oleh sebab itu, tidak sedikit pengemudi pemula menggunakan mobil matik sebagai kendaraannya.

Sebagai pemula, terdapat sejumlah kebiasaan buruk yang umum dilakukan. Tidak hanya berisiko merusak komponen mobil, tapi juga bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) menyebut, kebiasaan pertama yang kerap dilakukan pemula saat mengemudikan mobil matik adalah cara pengoperasian tuas transmisi.

5. Alasan PO Bus Minta Bodi dengan Pintu di Tengah

PO bus bisa memesan bodi untuk armadanya ke karoseri. Karoseri sendiri menerima berbagai permintaan dari customer, salah satunya adalah penempatan pintu penumpang belakang.

Pada umumnya, posisi pintu belakang posisinya di sebelah as roda belakang, tetapi bisa juga dibuat di bagian tengah. Permintaan seperti ini bisa diwujudkan jika sasis yang digunakan adalah model space frame atau bogey.

Misalnya seperti bus baru PO Rosalia Indah yang rilis dari Karoseri Adiputro. Delapan bus yang rilis menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626, dipasang ke bodi jetbus 3+ MHD dan posisi pintunya di tengah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/06/070100015/-populer-otomotif-po-rosalia-indah-borong-lagi-8-unit-bus-baru-sirkuit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke