Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Pengemudi yang Masih Santai Potong Lajur di Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang kerap dilakukan oleh pengemudi di jalan tol adalah pindah lajur dengan tidak aman atau secara tiba-tiba.

Misalnya, ketika ada mobil dari lajur kanan tiba-tiba memotong sampai pintu keluar. Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram Dashcam Owners Indonesia.

Dalam rekaman tersebut, terlihat mobil sedan berkelir hitam dari lajur kanan memaksa keluar pintu tol. Mobil yang berada di belakangnya sontak langsung melakukan pengereman mendadak.

Beruntung mobil yang berada tepat dibelakangnya sempat melakukan pengereman, sehingga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi seperti itu tidak paham etika di jalan raya dan membahayakan orang lain. Sebab, menurutnya pengemudi tersebut berkendara dengan aturanya sendiri bukan berdasarkan aturan lalu lintas.

“Kalau salah jalan, bisa berusahan berenti kalau aman atau keluar tol kemudian masuk lai di pintu tol selanjutnya,” ucap Sonny, beberapa waktu lalu saat dihubungi Kompas.com.

“Sebaiknya berkendara di lajur kiri, karena itu lanjur dengan kecepatan rendah di jalan tol, dan biasanya arah keluar ada di kiri. Sehingga ketika ragu menentukan arah tidak membahayakan kendaraan yang ada di belakangnya,” katanya.

Sementara itu Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menambahkan, pengemudi yang melakukan aksi tersebut adalah pengendara yang berpengalaman namun tidak fokus saat mengemudi.

“Tahu-tahu dia baru sadar, harus keluar exit tol saat itu juga agar tidak kelewatan. Makanya langsung belok kiri. Bisa juga pengemudi tersebut tidak familiar dengan destinasinya, misalnya dari luar kota. Pengemudi ini menggunakan GPS, sehingga sering terlewat lajur keluarnya," kata Jusri.

Menurut Jusri, orang-orang yang seperti ini bisa menyebabkan kecelakaan di jalan tol.

“Manuver dengan langsung memotong banyak lajur di tol ini berbahaya, mengingat banyaknya kendaraan dengan kecepatan tinggi,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/28/112200215/banyak-pengemudi-yang-masih-santai-potong-lajur-di-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke