Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Hindari Pencurian Pecah Kaca Mobil, Kaca Jangan Ditutup Full

Video yang diunggah oleh akun @infopuncak.bgr, diketahui terjadi di rest area Bogor tepatnya di Km 38.

"Jadi aku makan ke lestoran padang, dan ke indomart sebentar saat itu lagi ujan. Pas aku selesai belanja, aku ke mobil dan kaget banget kaca udah pecah. Sentral lock pun udah rusa, kayak abis di congkel,” tulis keterangan dalam video tersebut.

Pemilik kendaraan memang harus ekstra waspada ketika parkir di mal, pinggir jalan, rest area atau tempat terbuka lainnya. Pasalnya, modus pencurian dengan memecahkan kaca saat ini mulai marak terjadi.

Ada salah satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari modus pencurian tersebut, yaitu ketika parkir kaca samping paling tidak dibuka satu sentimeter, agar sirkulasi udara, dan kaca menjadi tidak mudah dipecahkan oleh pecahan busi.

“Memang bisa mengurangi resiko pencurian, namun bukan menghindari. Karena dengan turunnya sedikit kaca, maka ruangan dalam tidak kedap sehingga dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk pecahkan kaca mobil,” ujar Bambang kepada Kompas.com belum lama ini.

Namun, menurut Bambang, hal itu tergantung juga pada seberapa kencang dan tajam benda yang digunakan oleh pencurinya. Maka dari itu, Bambang menyarankan pemilik mobil sebaiknya melakukan beberapa tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut.

“Preventifnya bisa dengan memasang kaca film, dan memastikan tempat parkirnya di tempat yang aman atau ada penjaganya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membawa barang-barang berharga saat keluar mobil, meskipun hanya sebentar,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/28/162100015/tips-hindari-pencurian-pecah-kaca-mobil-kaca-jangan-ditutup-full

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke