Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Corolla Cross JDM meluncur, Harga Mulai Rp 250 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah meluncur di Asia Tenggara, Taiwan, dan Amerika Serikat, Toyota Corolla Cross kini mulai dijual di Jepang. Namun dibanding dengan tempat lainnya, Corolla Cross JDM (Japan Domestic Market) didesain ulang untuk menyesuaikan selera pasar.

Dibanding model yang ada di Indonesia, desain Corolla Cross JDM terlihat lebih tajam dan tegas. Pada bagian fascia, desain gril kini lebih pipih.

Sementara motif trapesium tetap dipertahankan di bagian airdam. Berikut juga motif lampu kabut baru.

Desain lampu utama juga berubah, begitu pula Lampu daytime running ligth (DRL) yang mengikuti rumah lampunya. Lampu depan tetap mempertahankan proyektor, tapi telah ditingkatkan dari halogen menjadi LED.

Beranjak ke bagian belakang, desain lampu juga sedikit berubah. Pun begitu dengan bumper yang mendapat aksen krom tipis.

Adapun dari samping, desain secara keseluruhan tidak berubah. Namun motif pelek Corolla Cross JDM memang tampak berbeda.

Masuk ke interior, hal mencolok datang dari layar spidometer tujuh inci. Sementara layar infotainment di tengah telah menggunakan layar sentuh yang bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Ubahan juga terdapat pada fitur keselamatan, di mana Corolla Cross telah hadir dengan Toyota Safety Sense (TSS).

Fitur TSS ini mencakup Autonomus Emergency Braking with Pedestrian and Cyclist, Adaptive Cruise Control, Lane Centring Assist, Blind Spot Monitoring, Traffic Sign Recognition, Automatic High Beam, serta Pedal Misapplication Control dan kamera mundur.

Dari sektor sasis, Corolla Cross JDM masih mengusung rangka TNGA varian GA-C, dengan suspensi depan MacPherson Strut di bagian depan dan torsion beam di belakang.

Namun khusus varian hybrid yang mengusung penggerak empat roda E-Four, suspensi belakang mengusung tipe double-wishbone.

Beralih ke bagian mesin, mobil ini ditenagai unit 2ZR-FAE berkapasitas 1.800 cc Dual VVT-i dengan pengaturan katup variabel Valvematic.

Dapur pacu ini menghasilkan tenaga yang lebih besar 1 PS menjadi 140 PS atau setara 138 tk pada 6.200 rpm, sementara torsi turun 2 Nm jadi 170 Nm pada 3.700 rpm.

Selain itu, tersedia juga mesin hybrid Atkinson Cycle 1.800 cc bertenaga 98 ps atau setara 96 tk dan torsi 142 Nm, dengan motor listrik 72 ps atau atau setara 70 tk dan torsi 163 Nm.

Kombinasi mesin itu menghasilkan tenaga total 122 ps atau setara 120 tk yang disalurkan melalui transmisi otomatis CVT.

Dalam keterangan resminya (14/9/2021), Toyota memasarkan Corolla Cross JDM mulai 1.999.000 yen atau setara Rp 258 jutaan sampai 3.199.000 yen atau setara Rp 414 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/14/170100615/toyota-corolla-cross-jdm-meluncur-harga-mulai-rp-250-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke