Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ganti Oli Mesin Sendiri, Jangan Sampai Kelebihan

JAKARTA, KOMPAS.com – Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang. Namun jangan sampai merawat kendaraan jadi terlewat karena banyaknya pembatasan di jalan raya.

Salah satu perawatan kendaraan yang bisa dilakukan sendiri adalah mengganti oli. Sebaiknya oli mesin diganti setiap enam bulan sekali walau mobil tidak digunakan.

Jika ingin mengganti oli mesin mobil sendiri di rumah, pastikan tahu berapa kapasitas oli mesin dari kendaraannya. Jangan sampai ketika mengisi oli ke mesin, malah kelebihan atau bahkan kurang.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mengisi oli mesin sampai kelebihan bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.

“Kalau olinya kelebihan banyak, bahkan berpotensi untuk jebol. Karena mekanisme mesin jadi berat disebabkan komponennya yang terendam oli,” ucap Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, crankshaft juga berpotensi terganggu kerjanya karena terendam oli yang terlalu banyak. Begitu juga jika mengisi oli mesin terlalu sedikit, ada efeknya yang bisa merusak mesin.

“Kalau kurang, dapat merusak komponen karena tidak terlumasi dengan baik sehingga jadi cepat aus,” kata Didi.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan, kekurang oli mesin lebih berbahaya dampaknya daripada kelebihan. Oli sebenarnya berperan mendistribusi panas, jika kurang jumlahnya, mesin bisa overheat.

"Kurang oli itu lebih fatal, suara mesin akan terdengar sangat kasar karena timbul gesekan akibat pelumas yang penyebarannya tidak menyeluruh. Ujung-ujungnya bisa rusak karena banyak keausan yang terjadi," kata Suparna.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/23/203100115/ganti-oli-mesin-sendiri-jangan-sampai-kelebihan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke