Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prokes Mulai Kendur, Ingat Cara Aman Berkendara di Tengah Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah lebih dari satu tahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Sebagian sudah mulai terbiasa hidup di era new normal. Tapi, sebagian lagi malah lalai.

Sebagian orang mulai kendur dalam menjaga protokol kesehatan (prokes). Padahal, kelalaian tersebut dapat membuat kita terpapar virus corona.

Meskipun vaksin sudah ditemukan dan diberikan pada sebagian orang, tapi bukan berarti seseorang tidak bisa lagi terkena virus corona. Menjaga kesehatan juga perlu dengan memperketat prokes, tak terkecuali sebelum dan setelah berkendara.

Sebelum berkendara, sebaiknya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Periksalah kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

“Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara, seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara. Para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman,” ujar Johannes Lucky, Manager Safety Riding AHM, dalam keterangan resminya.

Penting juga untuk memerhatikan riding gear yang digunakan di era new normal ini. Lucky menyarankan, hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk, serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Jika terbiasa menggunakan buff saat berkendara, sebaiknya tetap menggunakan masker terlebih dahulu. Agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.

Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan. Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

"Setelah sampai tujuan, wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara. Jika telah sampai rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga. Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri," kata Lucky.

Lucky menambahkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung.

"Jaket berkendara dan sarung tangan yang telah digunakan sebaiknya langsung dicuci atau disemprot disinfektan, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus, terutama untuk keluarga di rumah," ujar Lucky.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/03/192100615/prokes-mulai-kendur-ingat-cara-aman-berkendara-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke