Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Tabrak Mobil dari Belakang, Ingat Antisipasi dan Pandangan Mata

JAKARTA, KOMPAS.com - Video kecelakaan bereda di media sosial. Memperlihatkan seorang pengendara sepeda motor yang menabrak bagian belakang mobil saat sedang ngebut.

Dari video yang diunggah Dashcam Owners Indonesia, pengendara tersebut ngebut dari arah belakang dan tidak melihat ada mobil yang sedang berjalan pelan di depannya.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengingatkan pentingnya sikap defensif dalam berkendara. Termasuk antisipasi kemungkinan terburuk di kondisi lalu lintas.

Saat berkendara, pemotor mesti menilai apakah ada halangan di depan yang kemungkinan dapat menyebabkan kecelakaan.

Jusri mengatakan, pengendara mesti memerhatikan juga sudut pandang yang luas sehingga sehingga dapat melakukan manuver tanpa terhalang apapun.

“Selalu menyediakan ruang untuk menghindar. Sehingga pengendara siap dengan segala kemungkinan,” ucap Jusri.

Selain itu kemampuan teknis pemotor juga mesti mumpuni. Sebab membawa motor di jalan raya tidak hanya soal putar gas saja tapi juga teknik pengereman yang benar.

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, banyak yang belum mengetahui bagaimana teknik pengereman yang efektif dan maksimal.

"Kadang pengendara motor di saat menemukan potensi bahaya mendadak langsung menggunakan rem dalam kecepatan tinggi, karena biasanya mereka panik dan itu berpotensi memunculkan bahaya atau kecelakaan," ujar Ludhy.

Ludhy mengingatkan, posisi jari tangan juga wajib diperhatikan. Tidak semua jari bisa menggenggam tuas rem, karena ini menyangkut situasi dan kondisi.

"Saat pengereman darurat, butuh pengereman yang maksimal dan itu lebih efektif apabila kita menggunakan empat jari sekaligus agar titik berhentinya lebih dekat dan maksimal," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/03/190100815/motor-tabrak-mobil-dari-belakang-ingat-antisipasi-dan-pandangan-mata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke