Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Identitas Desain PO Sumber Kencono yang Bertahan Sampai Saat Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus PO Sumber Kencono memang dikenal khas dengan kecepatan  bus di jalan. Bahkan PO ini, sempat mendapat julukan kurang enak "Sumber Bencono" oleh sejumlah kalangan, karena kerap terlibat kecelakaan juga karena karekter kencangnya di jalan.

Pihak manajemen akhirnya, mengganti nama Sumber Kencono menjadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu. Walaupun sudah mengganti nama, ada satu ciri khas yang tetap dibawa dari bus lama ke model-model bus ekonomi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu, yaitu desain kaca depan bus yang digunakan.

Model desain yang digunakan PO Sumber Kencono sejak dahulu dikenal dengan kaca belah. Terdapat dua kaca yang disusun bersebelahan, kaca kanan dan kiri. Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, kaca ini memang tren sejak tahun 1970an.

“Kaca belah ini unggul secara pandangan dan perawatan daripada model double glass yang sekarang,” kata Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, walaupun PO Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu sudah memakai model bus baru, kaca depan yang digunakan tetap model belah. Pemilihan kaca ini tidak mengikuti tren bus-bus zaman sekarang yang kaca depannya bertumpuk.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, PO Sugeng Rahayu kelas ekonomi, yang memakai bus besar bermesin depan memang memesan kaca belah untuk armadanya.

“Kalau pecah, gantinya cuma sebelah. Untuk wipernya juga memakai model gantung, berbeda dari biasanya,” ucap Werry kepada Kompas.com.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/24/104200115/identitas-desain-po-sumber-kencono-yang-bertahan-sampai-saat-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke