Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Insentif Pajak, Simak Perbandingan Harga Vios Baru dan Bekas

JAKARTA, KOMPAS.com – Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen untuk mobil baru telah resmi diberlakukan.

Regulasi tersebut diatur dalam Kepmenperin Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Terdapat total sebanyak 21 mobil yang masuk dalam daftar penerima insentif PPnBM 0 persen periode 3 bulan pertama, mulai Maret-Mei 2021.

Toyota sendiri masuk ke dalam daftar merek penerima insentif pajak 0 persen tersebut. Enam mobil Toyota tersebut, adalah Avanza, Raize, Sienta, Vios, Rush, dan Yaris.

Vios jadi satu-satunya mobil tipe sedan yang mendapatkan insentif pajak karena produksi lokal dengan kandungan dalam negeri sudah 70 persen.

Dengan adanya insentif PPnBM nol persen, terdapat ubahan harga pada Toyota Vios. Berikut harga Toyota Vios baru per 1 Maret 2021.

Lalu bagamana dengan harga sedan mini Toyota ini di pasar mobil bekas, pascainsentif pajak 0 persen bergulir?

Berdasarkan penelusuran redaksi dari berbagai marketplace dalam jaringan (daring) di Indonesia, harga Vios punya rentang yang cukup jauh. 

Ada yang menawarkan Vios produksi 2020 bekas dengan harga relatif murah, mulai Rp 90 jutaan. Tapi, tidak sedikit juga yang menjual sedan ini dengan harga Rp 250 juta- Rp 300 juta, meski pada tahun produksi yang sama. 

Perbedaan harga ini biasanya terletak pada kondisi mobil dan riwayat pemakaian konsumen sebelumnya. Mengingat Vios juga kerap dijadikan andalan perusahaan taksi sebagai mobil operasional, maka ada harga yang relatif murah ditawarkan di pasar mobil bekas.

Selain itu, harga Vios juga ada yang lebih murah lagi di pasar mobil bekas, terutama untuk generasi-generasi sebelumnya. Untuk Vios produksi 2018 ke bawah, rentang harga yang ditawarkan berkisar Rp 100 juta-Rp 130 jutaan. 

Kemudian, harga lebih murah lagi tersedia untuk Vios bekas produksi 2010 ke bawah, yang ditawarkan dengan banderol Rp 50 juta - Rp 60 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/03/090200715/ada-insentif-pajak-simak-perbandingan-harga-vios-baru-dan-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke