Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Material Ringan tapi Kuat yang Digunakan Motor Balap MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP diciptakan dengan teknologi canggih. Motor ini mampu melaju hingga tembus lebih dari 300 kilometer per jam. Untuk bisa mencapai kecepatan tinggi, tentu material yang digunakan untuk membangun motor ini juga harus mendukung.

Dikutip dari Boxrepsol.com, ada beberapa material yang digunakan pada motor balap MotoGP yang ringan, tapi juga kuat. Material tersebut antara lain aluminium, carbon fiber, mangnesium, dan titanium.

1. Magnesium

Magnesium termasuk material logam yang banyak digunakan di alat-alat yang bisa dijumpai sehari-hari, sama seperti aluminium.

Magnesium merupakan unsur paling melimpah kedelapan di Bumi. Jarang terjadi secara alami dalam bentuk logamnya. Butuh proses kimia, terutama elektrolisis, untuk mendapatkan logam ini.

Magnesium memiliki kepadatan yang lebih rendah dari aluminium, hanya 1,73 g/cm3. Selain itu logam ini memiliki titik leleh 650 derajat Celcius, yang terendah dari semua logam alkali tanah.

Penggunaan magnesium pada motor MotoGP bisa ditemukan di beberapa bagian mesin. Tapi, penggunaannya yang paling umum dan mencolok secara visual, terdapat di pelek.

Perbedaan berat antara set pelek yang diproduksi dengan aluminium dan magnesium cor sangat signifikan, beratnya sepasang hanya 7,4 kg, hampir setengah dari berat pelek die-cast aluminium.

2. Titanium

Seperti halnya elemen lain, titanium tidak terbentuk secara alami dan diperoleh melalui pemurnian, seperti yang ditemukan di endapan mineral lain.

Ini memiliki kepadatan 4,5 g / cm3, yang menjadikannya logam terberat dari yang paling ringan. Ketahanannya yang tinggi menjadikannya kandidat ideal untuk industri dirgantara, industri medis, dan industri militer, karena kekuatannya mampu melebihi baja.

Titanium sangat tahan terhadap korosi dan keausan, dan memiliki titik leleh yang tinggi, yakni 1.668 derajat Celcius, serta memiliki konduktivitas listrik dan termal yang cukup rendah.

Suku cadang titanium sangat mahal karena sulitnya mendapatkan dan memprosesnya. Kondisi yang sangat tepat diperlukan dalam paduan titanium tertentu saat bekerja, mengelas, atau mencetak elemen ini untuk menghindari kerusakan atau kontaminasi.

Beberapa paduan titanium menampilkan kekuatan tarik yang luar biasa, itulah mengapa logam ini merupakan elemen yang ideal untuk digunakan pada suku cadang otomotif yang kompetitif.

Namun, regulasi MotoGP melarang penggunaannya di bagian tertentu, seperti rangka, swingarm, as, dan setang, serta beberapa bagian sokbreker.

Akan tetapi, banyak komponen yang cukup beruntung dapat memperoleh manfaat dari paduan titanium, misalnya, sekrup dan pengencang dari salah satu bagian yang disebutkan di atas. Ini juga berlaku untuk beberapa komponen di sistem pengereman, pipa knalpot, dan bagian mesin internal, seperti katup.

3. Aluminium

Aluminium merupakan bahan yang umum digunakan pada barang-barang yang dapat ditemukan setiap hari. Sifat utamanya adalah ketahanannya terhadap korosi, dan konduktivitas panas dan listriknya yang tinggi.

Daktilitas dan bobotnya yang rendah menjadikannya pengganti yang ideal untuk baja di area tertentu di mana kepadatannya yang rendah mengimbangi penurunan resistansinya. Untuk alasan tersebut, aluminium banyak digunakan di industri dirgantara, aeronautika, kendaraan, dan pertahanan.

Aluminium banyak digunakan untuk bagian sasis, sokbreker depan, dan swingarm. Meskipun, mungkin juga diperkuat dengan carbon fiber. Karakteristik logam yang ringan dan fleksibel ini membuatnya ideal untuk bagian dasar struktur ini, karena sasis MotoGP harus menjaga keseimbangan antara kekakuan dan fleksibilitas.

Selain komponen tersebut, aluminium digunakan juga pada tuas rem, radiator, pijakan kaki, dan beberapa bagian mesin, semuanya terbuat dari logam ini.

Aluminium 7075 adalah salah satu yang terbaik, di mana aluminium digabungkan dengan seng dan sedikit magnesium dan tembaga. Selain itu, berbagai perawatan khusus dapat digunakan untuk meningkatkan khasiatnya.

4. Carbon Fiber

CFRP (Carbon Fiber Reinforced Polymer) adalah material komposit yang sangat ringan dan berkinerja tinggi. Material ini terbentuk dari resin dan kain yang terbuat dari benang karbon yang hanya berdiameter beberapa mikron.

Carbon fiber sangat kaku dan memiliki ketahanan mekanis yang hebat, serta sangat ringan. Selain itu, juga dapat menahan suhu tinggi, kelembaban, dan pelarut dengan baik.

CFRP digunakan secara luas di MotoGP, dan semakin banyak bagian yang dibuat dari bahan ini. Fairing dan sepatbor terbuat dari serat karbon, seperti juga beberapa pelindung dan bagian tambahan lainnya.

Meskipun persiapan dan proses pembuatan yang lama dan mahal diperlukan untuk membuat potongan menggunakan bahan ini, bahan ini telah mendapat tempat di banyak bidang industri saat ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/01/140100015/material-ringan-tapi-kuat-yang-digunakan-motor-balap-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke