Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepeda Motor Diklaim Jadi Alat Transportasi Paling Aman Selama Pandemi Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Suatu hasil studi mengungkapkan bahwa sepeda motor merupakan moda transportasi paling aman untuk digunakan selama pandemi virus corona alias Covid-19.

Hal ini beriringan dengan peningkatan positif atas penjualan kendaraan roda dua secara global usai mengalami penurunan tajam pada semester pertama tahun 2020. Sementara kepercayaan publik pada transportasi umum di periode sama melemah.

Dilansir Visordown, survei terkait dilakukan terhadap 300 responden dan menanyakan seberapa aman sepeda motor dibanding moda transportasi perkotaan lainnya selama masa pandemi.

Hasilnya, 75 persen dari mereka yang ditanya mengaku tidak mungkin melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Sementara 80 persen percaya bahwa sepeda motor adalah satu-satunya cara untuk bepergian yang aman dan tetap menerapkan jarak sosial.

Survei juga menemukan bahwa 79 persen responden percaya bahwa sepeda motor relatif aman dan merupakan kendaraan bebas risiko untuk digunakan selama pandemi. Hanya saja, kendaraan digunakan sendiri atau tidak untuk berboncengan.

Di Indonesia sendiri, dari survei yang dikeluarkan oleh Google Indonesia pada Juli 2020 lalu, menunjukan hasil serupa. Dimana, motor masih menjadi pilihan sebagai alat transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Ini terbukti dari 52 persen responden menyetujui hal tersebut ketika ditanyai mengenai moda tranportasi favorit di tengah masa pandemi Covid-19.

Sementara mobil pribadi ada di posisi kedua dengan perolehan angka sebanyak 42 persen dari seluruh responden yang ada.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/29/183100615/sepeda-motor-diklaim-jadi-alat-transportasi-paling-aman-selama-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke